Bengkulu News #KitoNian

Lebaran bersama Anak-anak di Masjid Al-Ikhlas

BENGKULU – Menjelang Hari Raya Idup Fitri 1444 Hijriah, setiap masjid di Bengkulu melakukan kegiatan shalawat dan menabuh bedug.

Ketua Biro Pembangunan Masjid Al-Ikhlas, Awang Anggoro menuturkan jelang hari raya idul fitri 1444 H diramaikan oleh kehadiran anak-anak.

“Insyaallah tahun ini luar biasa ramainya, karena masjid Al-Ikhlas ini dimakmurkan oleh anak-anak yang ikut secara maksimal,” kata Awang pada Bengkulunews.co.id Jum’at (21/04/23) malam.

Anak-anak diperkenankan untuk memainkan alat musik tradisional seperti dol, sambil melantunkan sholawat. Pada malam takbiran tahun ini, anak-anak tidak berkeliling seperti tahun sebelumnya.

“Namun karena diarahkan bimnas polri untuk tidak melakukan kegiatan yang mengganggu arus lalu lintas, maka kita hanya cukup di lingkungan masjid saja,” tuturnya.

Adapun masjid Al-Ikhlas sudah mempersiapkan tenda dan tempat untuk sholat Eid yang akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB.

Hal yang sama juga turut dirasakan oleh anak-anak Masjid Baitul Hamdi. Ketua Risma Masjid Baitul Hamdi, Nabil Kurniawan menuturkan bahwa pada malam takbiran tahun ini dimeriahkan oleh anak-anak

Tujuannya adalah sembari merayakan hari raya idul fitri 1444 H bersama anak-anak, Ia juga ingin memperkenalkan budaya Bengkulu.

Sehingga menggunakan alat musik dol serta 40 obor yang nantinya akan diarak ke daerah kelurahan berkas.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat mengajarkan kepada anak-anak bahwa inilah budaya Bengkulu yang tidak bisa ditinggal.

“Diharapkan anak-anak di generasi sekarang dapat mempelajari bahwa inilah budaya Bengkulu, yang tidak akan bisa ditinggalkan dan tidak lekang oleh waktu,” demikian Kurniawan.

Baca Juga
Tinggalkan komen