Logo

Langkah-langkah Memperbaiki Remote Honda PCX yang Rusak di Waktu Tak Terduga

BENGKULU – Honda PCX (Personal Comfort Xaloon) merupakan segmen motor premium skutik, yang dihidupkan menggunakan kunci berupa remote.

Remote ini didesain untuk meningkatkan kemanan sepeda motor dari aksi pencurian serta menciptakan rasa nyaman dan praktis saat berkendara. Namun bagaimana jika remote ini mengalami kendala di waktu yang tak terduga?

Kepala Bengkel di salah satu Dealer Astra Motor Bengkulu, Iskandar mengatakan pada umumnya PCX sudah didesain dengan metode menghidupkan motor ketika keadaan darurat.

Setiap motor memiliki ID Tag serta cara-cara untuk proses menghidupkan mesin, di PCX sendiri kunci darurat dilengkapi dengan kunci untuk membuka bagasi belakang secara manual. Serta DLC (Data Link Connector) yang berfungsi untuk motor secara manual.

Ketika menemukan kendala, langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Buka Jok motor dengan Emergency Key, buka kotak di samping kenop pintar PCX. Cocokkan lubang di emergency key, lalu putar ke bawah. Jika sesuai maka jok akan terbuka.

2. Colok EM Connector warna biru, jika jok sudah terbuka ambil EM Connector. Kabel berwarna biru di dekat tool kit di bagasi yang letaknya ada di tool kit, lalu cari socket pasangannya di dekat aki.

3. Masukkan Nomor ID Tag, ID Tag memiliki sembilan kombinasi angka. Pemilik kendaraan harus memperhatikan setiap angka yang muncul dan menekan angka yang sesuai. Contohnya bila angka pertama nol, berarti tidak perlu menekan.

Tunggu saja sampai lampu kenop pintar berkedip, setelah itu lanjutkan ke angka berikutnya. Kalau ditemui nomor tujuh, berarti perlu menekan tujuh kali.

Tunggu lagi sampai berkedip dan masukkan lagi nomor selanjutnya. Pemiliki kendaraan dapat melakukanakukan hal tersebut sampai semua angka ID Tag terinput.

Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka lampu akan berkedip beberapa kali dan diam stabil.

4. Cabut EM Connector warna biru dari socket dan menyimpannya lagi di tool kit untuk mencegah komponen itu hilang.

5. Aktifkan mesin motor seperti biasa. Setelah melakukan berbagai rangkaian tersebut pemilik dapat memutar kenop pintar ke posisi on, kemudian tekan tombol starter. Maka mesin otomatis akan menyala.

“Tapi saya khawatir, konsumen tidak menguasai itu. Memang perlu latihan khusus, maka tidak disarankan melakukan sendiri,” kata Iskandar pada Bengkulunews.co.id siang ini, Jumat (13/05/22).

Karena itu Iskandar menganjurkan bagi Viewers yang merasa kesulitan dalam menjalankan langkah tersebut, dapat menghubungi pihak AHAS terdekat untuk dapat memberi bantuan dan tindakan terhadap motor honda PCX.