Logo

Langkah Bupati Bengkulu Selatan untuk Mencapai Target PAD

Bengkulu Selatan – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bengkulu Selatan pada 2018 secara umum melebihi target, dari target Rp7,76 miliar terealisasi mencapai Rp9,69 Miliar atau 14,79 persen. Namun tidak seluruh objek mencapai target, seperti Pajak Hotel, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan serta Pajak Bumi dan Bangunan.

Dikatakan Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Pemkab telah menyiapkan sejumlah langkah agar objek target yang tidak tercapai dapat meningkatkan pendapatan tercapai. Dia mengatakan puluhan ribu lahan yang baru dikeluarkan sertifikat oleh Kantor Pertanahan akan dijadikan objek Pajak Bumi dan Bangunan yang baru.

“Pertama kita akan melakukan MoU dengan Kantor Pertanahan dalam penentuan Zona Nilai Tanah (ZNT),” ujar Gusnan.

Kedua, melakukan pemutakhiran data Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk menambah SPPT dengan bekerjasama dengan Kantor Pertanahan. Mungkin selama ini belum menjadi objek PBB.

“Ini juga akan bekerjasama dengan Pihak pertanahan,” pungkasnya.

Selanjutnya, pemerintah daerah akan membentuk tim penertiban pajak daerah bersama dengan Satpol PP. Kemudian mengajukan dan memperbaiki program yang digunakan dalam system simPBB dan dan Simda Pendapatan.

“kita akan melakukan perubahan program pencetakan kertas SPPT PBB agar dapat dilakukan pada perubahan anggaran. Selain itu, melakukan revisi Perda dan Perbup tentang Pajak dan Retribusi daerah.

Masih kata Gusnan, pihaknya juga menggandeng Dukcapil dalam pengurusan tanda kependudukan untuk mempersyaratkan lunas PBB. Terakhir, Pemkab akan mengadakan MoU dengan Direktorat Jenderal Pajak untuk Wilayah Bengkulu dan Lampung atas usulan dari KPK.

Penulis : TH Tajarman