Bengkulu News #KitoNian

Ketersediaan Blanko KTP-el Mukomuko Aman hingga Enam Bulan

e-Ktp. Dok,BN

MUKOMUKO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menjamin bahwa ketersediaan Blangko KTP-el Hingga enam bulan ke depan aman. Kebutuhan Blanko ini dijamin ketersediannya untuk pemakaian rata-rata 80 keping per hari.

Kadisdukcapil Mukomuko, Epin Masyurdi mengatakan untuk saat ini masih ada stok blangko KTP-el. 8.000 keping. Pihaknya selalu menyiapkan stok blangko untuk mengantisipasi kondisi kehabisan persediaan.

“Sebelum blangko KTP-el habis, kami langsung mengajukan usulan kepada pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi Bengkulu,” kata Epin, Selasa (12/03/2024).

Blanko tersebut digunakan untuk keperluan pencetakan rekam data baru penduduk atau pemilih pemula, termasuk penggantian KTP-el milik warga yang rusak.

“Kami mendapat penambahan blangko KTP-el dari Pemerintah pusat bukan karena daerah ini kehabisan stok blanko KTP-el, tetapi untuk persiapan apabila ada kegiatan yang sangat penting seperti test penerimaan TNI Polri,” ujarnya.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan agar Dinas Dukcapil Kabupaten Kota secara aktif menjaga ketersedian blanko KTP-el, agar tidak terjadi kekosongan blanko KTP-el pada pelayanan dokumen kependudukan di daerah.

Pemenuhan kebutuhan blanko untuk cetak KTP-el masyarakat ini sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian agar perencanaan pelayanan dilakukan dengan baik dan tidak ada permasalahan di kemudian hari.

Selanjutnya ketika dikonfirmasi terkait dengan kepindahan warga satu KK tanpa surat keterangan pindah, Kadis Epin mengatakan tetap tidak bisa dilayani. Perpindahan harus dilakukan dari KK asal melalui pihak keluarga yang dekat lalu disampaikan kepada Dinas Dukcapil untuk dibuatkan surat keterangan pindah,

“Kita bukannya tidak mau bantu ,namun terkadang pihak Dukcapil yang bersangkutan tidak mau kompromi, banyak mafianya, jadi kita sarankan ada pihak keluargalah untuk mengurusnya,” ujar Epin.(MT Hutasoit)

Baca Juga
Tinggalkan komen