Logo

Kawasan Cagar Alam Dikelola Jadi Tempat Wisata

SELUMA, bengkulunews.co.id – Perangkat desa Kungkai Baru, Kecamatan Air Periukan tetap akan mengelola taman wisata Cemoro Sewu yang merupakan kawasan cagar alam register 92 di Pantai Gading Desa Kungkai Baru.

Menurut Kepala Desa Kungkai Baru, Mahmudi, bahwa sebelumnya telah mendapat teguran dari BKSDA Wilayah II Seluma agar tidak membuka kawasan itu, karena dianggap bukan peruntukanya.

“Akhirnya BKSDA memberikan keringanan dengan mengelola hanya beberapa hektar saja dan tidak boleh ada bangunan permanen dilokasi tersebut,” kata Mahmudi, Kamis, (4/5/2017).

Bahkan agar lebih leluasa, pihak desa melalui pemerintah daerah disarankan untuk mencoba menurunkan status kawasan tersebut dari cagar alam menjadi kawasan wisata terbatas.

Mahmudi juga mengatakan, akan sangat disayangkan jika kawasan tersebut benar-benar ditutup, karena sudah banyak anggaran dikeluarkan untuk melengkapi fasilitas di taman Cemoro Sewu tersebut.

Bahkan tidak kalah pentingnya adalah, secara ekonomis adanya pemasukan warga setempat yang membuka warung dengan berbagai ragam kuliner dijajakan. Sebagian keuntungan juga masuk dalam kas desa.

Taman itu saat ini sudah bersih dan indah serta ramai dikunjungi warga setiap Sabtu dan Minggu atau hari libur. Beragam fasilitas permainan air seperti perahu karet hingga bebek apung bisa dicoba wisatawan.

“Direncanakan untuk akses transportasi akan terus diperbaiki termasuk pemberian rambu petunjuk arah ke kawasan wisata,” tutup Mahmudi.