Logo

KAHMI Mukomuko Inisiasi Gerakan Serentak Berantas Sarang Nyamuk DBD

MUKOMUKO – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Pemerintah Kabupaten Mukomuko berkolaborasi untuk mengatasi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui gerakan Serentak PSN-DBD (Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah) pada Jumat, 24 Mei 2024.

Gerakan PSN-DBD bertujuan untuk mengurangi kasus DBD di Kabupaten Mukomuko dengan memberikan edukasi dan melakukan aksi langsung pembersihan lingkungan serta pemberian bantuan alat kebersihan kepada masyarakat. Sebelumnya, tercatat bahwa kasus DBD di Kabupaten Mukomuko mencapai 294 kasus yang tersebar di 15 Kecamatan, sehingga menimbulkan kepedulian dari MD KAHMI Mukomuko untuk ikut serta dalam gerakan PSN-DBD.

Acara Gertak PSN, yang diinisiasi oleh KAHMI, diselenggarakan di dua titik yaitu kecamatan penarik dan kecamatan air manjuto acara di buka di Aula Desa Wonosobo, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko keggiatan ini di hadiri Gubenur Benggkulu Dr Rohidin Mersyah yang di wakili oleh Kepala dinas Kesehatan Bengkulu M. Ridwan Arif, S.Sos.,MPH, Kepala dinas Kesehatan, GM Agro Mukomuko, Camat Kecamatan Penarik, Kapolsek Penarik , Danramil, Kepala Desa Sekecamatan Penarik, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Serta Tokoh Masyarakat Desa Setempat.

Adapun kegiatan yang inisiasi oleh KAHMI mukomuko kegiatan Foging dan Pembagian paket kebersihan berupa Sapu lidi, gayung, Tempat Sampah rumah tangga sebanyak 400 paket serta sosilisasi yang langsung di sampaikan oleh koordinator presidium Majelis Daerah KAHMI Mukomuko M Ali Saftaini, kepala dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

M. Ali Saftaini, Koordinator Presedium MD KAHMI Mukomuko yang juga Ketua DPRD Mukomuko, dalam sambutanya menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dapat mandiri dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya.

“Saya berharap Masyarakat untuk bisa mulai menjaga lingkungan sekitarnya, seperti dengan membakar sampah yang berserakan dan menghindari pakaian yang bergantungan di dalam rumah, karena hal tersebut dapat menjadi tempat bersarangnya nyamuk , membersihkan lingkungan dari jentik nyamuk,” harap Ali Saftaini

Lebih lanjut Ali Saftaini Menyampaikan Kegiatan gerakan PSN DBD telah laksanakan di 2 wilayah kecamatan. Sasaran PSN yaitu Foging dan membersihkan lingkungan pekarangan warga dan juga saluran pembuangan air limbah (SPAL) yakni Kecamatan Air manjuto di Desa Kota praja dan Desa agung jaya kemudian Kecamatan penarik Di Desa Wonosobo, Desa Bumi Mulya dan Desa Penarik.

Gubenur Bengkulu yang di wakili M. Ridwan Arif, S.Sos.,MPH, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oLeh MD KAHMI Mukomuko yang bisa membangun kesadaran masyarakat dalam mengubah perilaku yang kurang sehat menjadi lebih sehat guna mencegah penyakit DBD.

“Kita berharap lebih banyak Ormas serta organisasi yang ada di kabupaten Mukomuko bisa secara Bersama-sama membantu pemerintah daerah memberantas penyakit DBD di Kabupaten Mukomuko,” ucap Ridwan.

Terpisah Bustam Bustomo, Kepala Dinas Kesehatan Mukomuko, yang juga mewakili Bupati Mukomuko menyampaikan terima kasih kehadiran MD KAHMI Mukomuko yang memberikan edukasi serta inisiasi dalam menyikapi kegiatan penting yang ada dikabupaten Mukomuko serta semua pihak yang telah berperan aktif dalam secara Bersama memerangi kasus DBD .

“Kegiatan seperti ini sangat pentingnya serta kerjasama lintas sektor dalam menangani masalah kesehatan. Semoga kegiatan ini dapat diikuti oleh lembaga atau organisasi lainnya sehingga penyakit DBD dapat teratasi di Mukomuko,” tutup Bustam Bustomo.