Logo
Dempo Xler

Juni, 2.125 Rumah di Kota Bengkulu Bakal Dapat Ledeng Gratis

Sjobirin Hasan

Sjobirin Hasan

Sjobirin Hasan

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dirut PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu Sjobirin Hasan menyebutkan, jumlah sementara yang akan realisasikan dalam pemasangan sambungan air gratis pada rumah warga kurang mampu sebanyak 2125 rumah. Jumlah ini akan disebar ke seluruh wilayah Kota Bengkulu, namun mayoritas pemasangan akan berada di wilayah Kecamatan Kampung Melayu.

Anggaran yang akan digunakan berjumlah 5 miliar rupiah. Dana ini merupakan dana hibah pemerintah Kota yang akan dikembalikan oleh pemerintah pusat jika program telah dilaksankan. Pelaksanaanya sendiri hingga saat ini masih menunggu pengesahan Raperda Penyertaan modal PDAM yang akan paripurnakan oleh DPRD Kota pekan depan.

“Saat ini surat penetapan pemberian hibah ke daerah ini sudah kami terima, berarti proses ke pusat sudah selesai. Sekarang masih ada yang belum tuntas dan belum bisa melangkah ke tahap selanjutnya karena perda belum selesai,” katanya, Kamis (13/4/2017).

Pemasangan sambungan air gratis ini akan memperioritaskan warga yang tergolong tidak mampu. Hal ini akan dinilai dari fisik tempat tinggal penerima manfaat serta penggunaan daya listrik.

“Untuk mendapatkan program ini tidak semuanya karena ada kriteria tertentu, masyarakat tersebut berpenghasilan rendah atau kurang mampu,” ujarnya.

Sjobirin menjelaskan, dari hasil pantauan PDAM kota, masih banyak warga yang membutuhkan akses air bersih terkendala pada biaya pemasangan. Dengan adanya program ini, dirinya berharap masyarakat dapat terbantukan dalam memperoleh suplai air dari PDAM.

Baca juga : Bahas Raperda PDAM, Dewan Tinjau Kelurahan yang Kekurangan Air Bersih