Logo

Jelang Ramadhan, Harga Sejumlah Bumbu Dapur Mulai Naik

KOTA BENGKULU – Harga sejumlah bahan pokok di Kota Bengkulu mulai merangkak naik jelang bulan Ramadhan. Di Pasar Minggu, Kota Bengkulu, kenaikan terlihat untuk bahan pokok seperti ayam potong, telur, cabe merah, bawang merah dan beberapa sayuran.

Angka kenaikan masih relatif kecil, harga telur ayam yang awalnya Rp 36 ribu hingga Rp 37 ribu perkarpet, sekarang menjadi Rp 40 ribu. Sementara bawang merah mengalami kenaikan 5 ribu rupiah. Pada awalnya harga bawang merah hanya Rp 35 ribu sekarang menjadi 40 ribu per kilogram.

“Kalau harga bawang putih malah turun menjadi Rp 35 ribu sejak seminggu ini, kalau kemarin harganya Rp 40 ribu,” ujar dona salah satu pedagang Pasar Minggu, Sabtu (5/5/2018).

Harga cabe merah mengalami kenaikan yang cukup drastis, yang mulanya hanya Rp 30 ribu per kilogram sekarang sudah Rp 44 ribu per kilogramnya. Beberapa sayur-sayuran juga mengalami kenaikan namun hanya Rp 1 ribu sampai 2 ribu saja.

Kenaikan juga terjadi pada ayam potong. Yang mulanya hanya Rp 36 ribu sekarang naik menjadi Rp 45 ribu per kilogramnya. Namun, ayam potong mengalami kenaikan bukan dikarenakan jelang ramadhan tapi kenaikan dipicu dengan harga dari peternak yang mengalami kenaikan. Kenaikan ini cukup memberatkan bagi konsumen.

“Ayam potong naik harga karena pasokan dari pusat menurun. Ini banyak ayam kecil-kecil yang dijual, karena sudah tidak ada lagi ayam, biasanya tidak pernah menjual ayam-ayam kecil kayak gini,” kata salah seorang pedagang ayam Pasar Minggu

Namun demikian, kenaikan harga bahan pokok tidak terjadi pada beras, daging dan minyak goreng. Untuk kualitas menengah harga beras masih stabil yaitu Rp 12,5 ribu per kilogramnya. Untuk daging pada kualitas super juga masih stabil Rp 120 ribu per kilogram. Harga minyak goreng juga tidak mengalami kenaikan hingga saat ini masih Rp 12 ribu per kilogramnya.

Penulis : Elsitra Dewi