Logo

Jangan Asal Ganti! Ini Keunggulan Knalpot Standar Pabrikan Honda

Knalpot merupakan salah satu komponen penting dalam sepeda motor yang berfungsi sebagai peredam suara berisik dari ruang bakar. Namun kebanyakan pemilik sepeda motor, memodifikasi pada bagian knalpot dengan menggunakan knalpot racing.

Pemakaian knalpoat racing pada sepeda motor, dianggap membuat tampilan motor lebih menarik, serta membantu terciptanya performa motor yang lebih baik, dari knalpot standar.

Kepala Bagian Spare Part Astra Motor Bengkulu, Anton Pangalila menjelaskan knalpot standar dari pabrikan sebenarnya memiliki keunggulan dari knalpot racing. Keunggulan tersebut terdiri dari :

1. Emisi Gas Buang Yang Sesuai Dengan Standart

Knalpot standar tentunya sudah melalui berbagai proses serta riset dan uji coba, sebelum dipasangkan di sepeda motor. Dengan nilai gas buang yang terukur dan sesuai standar minimal, membuat knalpoat standar jauh dari pencemaran udara berlebih.

2. Tingkat Kebisingan Knalpot Sesuai Peraturan

Suara yang ditimbulkan dari knalpot standar sudah teregulasi dan lulus uji kebisingan. Jadi tidak menimbulkan suara keras yang mengganggu area sekitar.

3. Tidak Menggugurkan Garansi

Dengan tetap menggunakan knalpot standar, anda dapat memanfaatkan garansi tersebut jika mengalami kendala pada motor. Hal tersebut tidak berlaku, jika knalpot standar diganti dengan knalpot racing.

4. Lubang Kecil Untuk Saluran Pengeluaran

Pada bagian bawah knalpot standar terdapat lubang kecil, yang berfungsi untuk mengeluarkan air yang masuk kedalam Knalpot. Sehingga knalpot tidak menyimpan air dan sirkulasi lebih baik.

Walaupun memiliki keunggulan, knalpot harus tetap dijaga melalui perawatan rutin. Jika merasa kesulitan, pemilik kendaraan dapat datang ke salah satu dealer atau AHASS di bawah area Astra Motor Bengkulu untuk mendapatkan pengecekan dan penanganan lebih akurat.