Ini Arti Simbol Merah di Tahun Baru Sin-cia

KOTA BENGKULU – Tidak hanya pernak-pernik Imlek yang menjadi keunikan setiap tahunnya, tetapi simbol merah yang selalu melekat di ingatan juga menjadi sebuah ke unikan Imlek. 

Menurut pengurus Vihara, Kampung cina, Romo Sunli, merah memiliki arti keberanian dan ada cerita tersendiri bagi keturunan Tiongkok.

Konon, dahulu di sebuah desa di cina, ada makhluk gaib yang kerap kali menggangu anak kecil, dan menjadi ketakutan setiap orang tua di desa tersebut.

“Di Cina dulu, ada satu makhluk gaib yang suka menggangu anak kecil, jadi setiap malam, penduduk disana, sudah ketakutan, takut anak nya diganggu oleh makhluk tersebut” kata Sunli menceritakan kisah warna merah dalam Imlek, pada Jumat (16/2/2018).

Lebih lanjut cerita romo Sunli, di suatu malam, ada anak kecil yang bermain tengah malam mengenakan pakaian Sin-Cia, anak kecil tersebut lalu melihat makhluk gaib tanpa rasa takut.

“Pada suatu hari, ada anak di desa tersebut yang keluar di malam hari mengenakan pakai sin-cia yang merah dan gemerlap, lucu nya anak tersebut tidak merasa takut, dan terus bermain,” cerita Sunli.

“Makhluk tersebut melihat sang anak, tetapi dia tidak berani mendekat, sang anak pun juga melihat dan mengejar makhluk itu, hebat nya makhluk tersebut malah lari,” sambungnya.

Kejadian tersebut, menimbulkan keanehan dari penduduk sekitar, berawal dari kisah itulah, hingga sekarang, merah bagi penduduk Tionghoa dilambangkan sebagai makna keberanian dan kedamaian.

Baca Juga
Tinggalkan komen