Logo
Dempo Xler

Harga Cabe Melesat Tinggi, Pedagang Prediksi Hingga Akhir Tahun

Harga Cabe Melesat Tinggi, Pedagang Prediksi Hingga Akhir Tahun

BENGKULU – Pedagang Cabe di Pasar Minggu, Ari menuturkan bahwa harga cabai sudah mulai mengalami kenaikan sejak seminggu yang lalu. Untuk cabai merah saat ini berada di harga Rp65 ribu perkilonya. Harga ini melonjak tajam dibandingkan sebelumnya yakni Rp35 ribu per kilo.

“Harga cabai itu memang sudah naik dari seminggu lalu, namun sevara bertahap. Seperti cabai merah ini dari harga Rp35 ribu menjadi Rp65 ribu per kilonya,” kata Ari pada Bengkulunews.co.id Senin (30/10/23) siang.

Sedangkan untuk cabe setan atau burung naik menjadi Rp70 ribu, yang sebelumnya dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram. Begitu juga dengan harga cabe rawit hijau dari Rp30 ribu menjadi Rp48 ribu per kilo.

Ia mengatakan menjelang akhir tahun, harga cabai akan mengalami kenaikan.Ari memperkirakan bahwa kenaikan harga cabai akan terus melesat hingga akhir tahun nanti.

“Diakhir tahun biasanya, untuk cabai rawit dan setan atau cabai burung bisa sampai seratusan,” tambahnya.

Berbeda dengan cabai harga bawang merah dan putih masih stabil. Untuk harga bawang merah jawa diharga Rp24 ribu perkilonya. Bawang merah padang sekitar Rp18 hingga Rp20 ribu perkilogramnya.

Sedangkan untuk bawang putih berada di harga Rp35 ribu perkilogramnya. Ari berharap naiknya harga cabai tidak terlalu melesat jauh seperti sekarang ini, sehingga pembeli masih dapat berbelanja seperti biasanya. Namun Ia juga mengaku beruntung, walaupun harga cabai naik, minat pembeli masih stabil. Yakni Ia masih tetap menjual 40 kilogram cabai per harinya.

“Kalau bisa jangan terlalu mahal harga cabainya. Tapi untuk minat si masih stabil, itu kita bisa jual 40 kilogram cabai perharinya,” demikian Ari.