Logo

Gubernur Rohidin Ingatkan Pentingnya Bentuk Karakter Anak

BENGKULU –  Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Launching Pembinaan Orang Tua dengan Siswa SMK Bengkulu di Balai Raya Semarak Bengkulu, Jumat (27/10).

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, pentingnya pendidikan karakter moral yang harus ditanamkan oleh guru terhadap siswa agar murid bisa memposisikan dirinya.

“Pendidikan karakter moralnya itu guru benar-benar harus melindungi muridnya dan anak muridnya juga harus tau diri posisinya sebagai murid, kedua hal ini yang harus dibangun,” ujar Gubernur Bengkulu ke 10 ini.

Lebih lanjut, Gubernur Rohidin juga mengimbau peran serta orang tua dalam memberikan pemahaman mulai dari lingkungan keluarga, sehingga ketika anak-anak ini bergaul di luar dapat terkontrol dan tidak melakukan hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

“Jadi anak tidak hanya memahami kurikulum di sekolah, namun mulai dari keluarga sudah dibentuk kurikulum keluarga. Jika mulai dari rumah telah dibina dan ditanamkan dengan baik, sikap disiplin, saling menghargai. Maka anak tersebut dalam pergaulannya tidak akan melakukan hal-hal negatif yang merugikan,” tambah gubernur.

Di sisi lain, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Saidiriman menyampaikan, kegiatan pembinaan orang tua dan siswa hari ini menjadi salah satu upaya menyatukan antara orang tua dan siswa dalam penguatan karakter.

“Kegiatan sosialisasi ini untuķ menyatukan antara orang tua dan anak perlu dicermati, bahwa sekarang ini marak terjadi kasus-kasus vìral semacam ini. Perlunya penguatan karakter, akan disampaikan langsung oleh master motivator kita bapak Gus Murlock,” tutup Saidirman.