Logo
Dempo Xler

Gubernur Rohidin Imbau Perangkat Desa Gerakkan Gotong Royong

Gubernur Rohidin Imbau Perangkat Desa Gerakkan Gotong Royong

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengimbau kepada para Kepala Desa dan perangkatnya, kembali menggerakkan semangat gotong royong di tengah masyarakat.

Seperti halnya gotong royong dalam membantu warga tidak mampu membedah rumahnya, pasca mendapatkan bantuan dari Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yang merupakan kerja sama antara Pemprov Bengkulu dengan Baznas Provinsi Bengkulu.

“Jadi masyarakat dibimbing setelah mendapatkan bantuan bedah rumah. Jika perlu carikan tukang di lingkungan desa setempat untuk mengomandoi rehab rumah tersebut. Gotong royong seperti ini perlu kita gerakkan kembali, sehingga timbul kebersamaan di tengah masyarakat,” jelas Gubernur Rohidin usai serahkan Bantuan Program Bedah RTLH, Peralatan Disabilitas, 100 Tabung Gas Elpiji 3 Kg serta hibah Pemprov Bengkulu untuk Pondok Pesantren Madinatul Akhyar, di Desa Simpang Tiga Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur, Senin (25/09).

Kemudian sama halnya dengan bantuan Peralatan Disabilitas dan Program Pemberian Gas Ukuran 3 Kg Gratis Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah, yang merupakan program ke-6 dari 18 Program Prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. Gubernur Bengkulu ke-10 ini juga meminta perangkat desa termasuk tokoh masyarakat, untuk saling mengingatkan pentingnya saling membantu.

“Mungkin ini terbilang sepele, tapi jika kita saling membantu seperti dalam hal penggunaan alat disabilitas dan gas, ini saya yakini akan semakin mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan sesama warga,” pungkasnya.

Salah seorang penerima bantuan Program Bedah RTLH Mujiono mengaku sangat terbantu. Hal ini mengingat rumah yang dia diami bersama 5 orang anaknya, sejak 4 tahun terakhir sudah sangat reot. Sementara penghasilannya selama ini sebagai pekerja serabutan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

“Terima kasih Pak Gubernur, terima kasih Baznas telah membantu membedah tempat tinggal kami. Semoga ke depan ini menjadi langkah awal bagi saya dan keluarga bisa tinggal lebih nyaman bersama,” ujarnya.

Sementara itu selain di Kabupaten Kaur, penyerahan bantuan Program Bedah RTLH, 100 Tabung Gas Elpiji 3 Kg 100 dan Peralatan Disabilitas, juga dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Selatan, tepat bagi masyarakat di Desa Pagar Banyu Kecamatan Kedurang Ilir dan sekitarnya.