Logo

Gaji Kades Benteng Naik 250 Ribu

bengkulunews.co.id – Gaji atau honorarium kades se-Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengalami kenaikan sebesar Rp 250 ribu. Itu berarti gaji kades sekarang menjadi Rp 2 juta. Sebelumnya kades hanya menerima gaji Rp 1,75 juta. Kenaikan gaji ini berawal dari tuntutan seluruh kades yang meminta gaji mereka dinaikkan menjadi Rp 4 juta.

Ketua Forum Koordinasi Kepala Desa (FKKD) Pondok Kelapa Karyo menginformasikan, Pemkab Benteng menyetujui kenaikan gaji, tapi hanya Rp 250 ribu. Angka ini jauh dari tuntutan kades yang ingin gajinya dinaikkan menjadi Rp 4 juta. “Infonya naik 250 ribu, tapi kami belum dapat tembusannya, kabarnya sudah disetujui bupati,” katanya.

Bagi Karyo, gaji 2 juta masih terasa sangat kecil. Mengingat kerja kades yang harus fokus melayani masyarakat selama 24 jam. Setidaknya kades mendapatkan honorarium Rp 3 juta per bulan. Supaya kades bisa optimal melayani masyarakat, tanpa perlu memikirkan mencari tambahan penghidupan yang lain.

Terkait kebenaran informasi ini, Karyo mengaku akan berkoordinasi dengan kades lainnya guna menyikapi hal itu. “Apakah cukup dengan 2 juta atau ada rasionalisasi yang akan disampaikan kepada pemerintah,” pungkasnya. (126)