Enam Jenis Buah Khas Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan

Enam Jenis Buah Khas Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan

Para pengunjung disuguhi pertunjukan barongsai. Dokumentasi BN

Jelang perayaan tahun baru Imlek, kita melihat beberapa suguhan khas yang dijumpai dalam dekorasi, seperti hidangan dan buah-buahan.

Dekorasi ini memiliki makna tersendiri tergantung dari hidangan dan jenis buah yang diletakkan. Seperti buah kumquat yang kerap dijadikan simbol kekayaan dan keberuntungan.

Mengutip laman China Highlights  beberapa buah sering dijadikan dekorasi imlek seperti :

Kumquat (Simbol Kekayaan dan Keberuntungan)

Pohon kumquat atau jeruk kumquat adalah tanaman yang sangat populer dipajang selama Tahun Baru Imlek, terutama di wilayah berbahasa Kanton di China Selatan di Hong Kong, Makau, Guangdong, dan Guangxi.

Memiliki pohon kumquat di rumah melambangkan harapan akan kekayaan dan keberuntungan. Dalam bahasa Kanton dan Mandarin, nama pohon kumquat terdengar seperti kata untuk keberuntungan.

Jeruk (Simbol Kemakmuran dan Kebahagiaan)

Pohon jeruk dalam pot ideal untuk dekorasi dalam ruangan selama Tahun Baru Imlek, dan tersedia di pasaran.

Merupakan tradisi menempatkan jeruk mandarin bersama dengan amplop merah di samping bantal anak-anak di setiap rumah tangga Tionghoa untuk memberi mereka keberuntungan. Jeruk juga ditempatkan di wadah nasi untuk membawa berkah yang baik bagi keluarga serta untuk hadiah.

Jeruk sangat populer dan dari minggu-minggu sebelum Imlek. Orang akan melihat tanaman pot jeruk mini. Warna oranye terlihat seperti matahari dan selaras dengan prinsip Yang (positif). Dengan demikian, jeruk menjadi simbol kelimpahan dan kebahagiaan yang sangat menguntungkan.

Jeruk Bali (Simbol Keberuntungan dan Persatuan Keluarga)

Ini adalah buah penting saat Imlek, baik dalam warna hijau atau kuning (matang). Pomelo atau jeruk bali digunakan dalam memasak saat sedang musim, yaitu tepat sebelum tahun baru.

Jeruk bali juga diakui membawa keberuntungan bagi rumah tangga. Merupakan praktik umum untuk mendekorasi rumah dengan satu atau sepasang jeruk bali. Buah ini juga melambangkan keutuhan keluarga.

Apel (Simbol Harmoni dan Perdamaian)

Dalam budaya Tionghoa, kata apel, “ping guo”, adalah homofon untuk kata “ping”, yang berarti damai atau ketenangan. Jadi, apel melambangkan keinginan akan kedamaian. Apel hijau melambangkan uang. Adapun apel merah melambangkan kemakmuran dan kelimpahan.

Semangka (Simbol Kekayaan)

Semangka dianggap sebagai sumber kekayaan. Buah semangka adalah simbol kesuburan, karena banyak biji yang dikandungnya.

Anggur (Simbol kekayaan dan Keberuntungan)

Anggur dikenal sebagai buah mewah. Anggur sering dimakan oleh kaisar dan anggota keluarganya di Tiongkok masa lampau. Buah anggur melambangkan kekayaan, keberuntungan, kesuburan, dan kemakmuran.

Baca Juga
Tinggalkan komen