Bengkulu News #KitoNian

Empat Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes

Selama berpuasa, hampir tidak ada masalah bagi tubuh orang yang sehat. Tetapi bagaimana jika seseorang dengan diabetes atau dibetes mellitus ingin menjalankan puasa?

Diabetes adalah penyakit kronis di mana gula darah tubuh meningkat sehingga mengganggu metabolisme tubuh. Namun jangan khawatir, penderita diabetes tetap berpuasa, akan tetapi sangat perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis, agar puasa berjalan lancar dan kesehatan tetap terjaga.

Dibalik hal tersebut banyak yang tidak diketahui bahwa pengidap diabetes bisa merasakan beberapa manfaat saat menjalankan puasa, dikutip melalui RS Hermina, berikut ulasannya :

1. Kadar Glukosa Dalam Darah Menjadi Stabil

Selama berpuasa, pola makan seseorang menjadi lebih teratur. Kita dianjurkan sahur dan berbuka puasa tepat waktu sehingga jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga lebih teratur. Puasa juga membantu untuk mengatur peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Saat berpuasa, tubuh akan mengurangi proses produksi hormon tertentu seperti hormon adrenalin yang menjadi penyebab naiknya kadar tekanan darah.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Puasa juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat seseorang menahan lapar saat berpuasa, tubuh secara otomatis akan mengaktifkan sistem “hemat energy”. Salah satu hal yang terjadi dalam mode ini adalah tubuh mendaur ulang sel-sel imun yang tidak perlukan lagi dalam tubuh. Terutama sel-sel dalam tubuh yang sudah rusak sehingga sistem kekebala tubuh diperbaharui kembali

5. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Umumnya, tubuh menyimpan cadangan glukosa. Simpanan glukosa dalam hati atau glikon membutuhkan waktu 12 jam untuk siap digunakan. Jika seorang penderita diabetes berhenti makan dalam jangka waktu yang cukup panjang (berpuasa seharian penuh), maka tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai pengganti glikogen. Proses pembakaran lemak mampu mengistirahatkan kerja hati dan pankreas.

Baca Juga
Tinggalkan komen