Bengkulu #KitoNian

Dua Pulau Terindah di Bengkulu

Penulis : Cindy

Tangkapan layar, Google Earth

Hallo viewers tau kah kamu ? Kalau Bengkulu memiliki pulau-pulau cantik. Pastinya viewers yang kebanyakan masyarakat Bengkulu pasti tau ya. Nah bagi viewers di luar Bengkulu harus tau pulau-pulau ini untuk dijadikan list destinasi wisata.

1. Pulau Tikus

Pulau ini terletak dibagian barat Bengkulu berjarak 10km, dengan menggunakan perahu dan menempuh waktu kurang lebih 1jam viewers bisa mendaratkan kaki tepat di Pulau Tikus. Kenapa ya disebut pulau tikus? Karna luas ukuranya yang hanya 100m persegi pulau ini sangatlah kecil dari pulau lain juga banyaknya jalan di Pulau ini sehingga disebutlah Pulau Tikus. Hehe kek jalan tikus gituloh viewers, nah apa si yang ada disini? Wah viewers bakalan takjub jika melihat keindahan dan pesona bawah laut yang disuguhkan oleh Pulau ini.

Pasirnya yang putih juga dengan warna airnya yang biru asri membuat viewers bisa melihat kedalam air loh, ada juga beberapa ikan nemo dan karang yang bagus dan cantik cocok banget untuk diveng ni viewers.

Tentunya untuk ke pulau ini viewers bisa mengambil paket perjalanan wisata dari masyarakat yang memiliki jasa trip. Viewers akan merogoh kocek sebesar 250.000/kepala tenang aja bakal banyak banget fasilitas yang viewers dapet kok transportasi pulang – pergi menuju pulau, pelampung, makan siang, asuransi perjalanan, tour guide dan dokumentasi serta ada tambahan biaya jika traveller ingin melakukan kegiatan snorkeling ketika tiba di Pulau Tikus gimana MBL gak tu? (Manteb Banget Loh) hihihi.

2. Pulau Enggano

Pulau satu ini tidak kalah cantik dengan Pulau Tikus loh viewers, Pulau ini juga berada di sebelah barat Bengkulu. Nah kalau tadi Pulau kecil kalau yang ini Pulau yang besar loh viewers jarak Pulau Enggano ke Ibukota Provinsi Bengkulu sekitar 156 km atau 90 mil laut, sedangkan jarak terdekat adalah ke kota Manna, Bengkulu Selatan sekitar 96 km atau 60 mil laut.

Pulau Enggano tersusun oleh perbukitan bergelombang lemah, perbukitan karst, daratan dan rawa ni viewers. Perbukitan bergelombang terdapat di daerah tenggara, ketinggian antara 170-220 meter, sedangkan perbukitan karst yang mempunyai ketinggian antara100-150 meter terdapat di bagian barat laut, menunjukkan morfologi yang khas dan didominasi oleh batu gamping.

Di bagian utara terutama daerah pantai merupakan dataran rendah alluvial yang berawa-rawa dengan ketinggian 0-2 meter viewers. Wah hahaha setelah membahas secara geografis mimin akan membahas kecantikan yang ada di Pulau Enggano ni viewers nah di Pulau ini viewers bisa menikmati wisata alam dan wisata berburu, Wisata berburu dapat dilakukan di Taman Buru Gunung Nanua. Wisata alam daratan lebih banyak berupa kegiatan penjelajahan hutan wisata (hutan suaka alam) yang keasliannya tetap terjaga.

Beberapa objek wisata alam berupa kawasan konservasi antara lain Hutan Suaka Alam Kioyo I dan Kioyo II,Hutan Suaka Alam Teluk Klowel, Hutan Wisata Alam Tanjung Laksaha, Hutan Suaka Alam Bahuewo viewers. Dan juga masih ada suku-suku yang mendiami pulau ini sehingga kebudayaanya bisa menjadi pembelajaran loh viewers sungguh Pulau yang penuh Ilmu ya. Bagi viewers yang ingin tetap menikmati keindahan Pantainya bisa banget ya tempat ini memiliki karang-karang yang indah serta air laut yang jernih sehingga tempat ini menjadi favorit wisatawan untuk hunting.

Wahhhh setelah membahas kedua Pulau ini mimin jadi mau pergi kesana deh hehehe, nah sekarang viewers taukan bahwa Bengkulu memiliki banyak keindahan yang masih belum terjamah dan masih dijaga hingga kini oleh masyarakat serta pemerintah. Hendaknya kita sebagai wisatawan nantinya bisa menjaga temoat tersebut tetap bersih dan asri ya viewers. Bukan hanya di Bengkulu aja tapi diseluruh wilayah wisata Indonesia.

Oke mimin pamit undur diri ya viewer, salm dari Bengkulunews.co.id ‘Happy Sunday, and bye-bye

Baca Juga
Tinggalkan komen