Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Dry Shampoo Dove Mengandung Bahan Kimia Penyebab Kanker?

Penulis : Cindy

Pihak Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, Unilever AS dan Kanada melakukan penarikan kode lot produksi spesifik dari Dry Shampoo (sampo kering) yang diproduksi sebelum Oktober 2021.

Dry Shampoo sendiri diduga dapat memicu penyakit kanker, karena kandungan benzene. Centers for Disease Control (CDC) bahan kimia tersebut merupakan salah satu dari 20 bahan kimia yang paling banyak kimianya.

Sedangkan pihak Unilever Indonesia menegaskan bahwa produk mereka tidak menggunakan benzene sebagai bahan dan telah menggunakan standar keamanan yang tinggi secara global dengan membatasi jumlah jejak Benzena, karena dapat muncul secara alami lewat bahan baku terentu.

“Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan dry shampoo ini. Kami senantiasa beroperasi dengan standar kualitas dan keamanan yang ketat, dan selalu mematuhi semua peraturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia,” keterangan Unilever Indonesia dalam website resminya.

Benzena sendiri merupakan komponen alami dari minyak mentah, bensin, serta asap rokok. Biasanya industry menggunakan bahan tersebut untuk membuat plastic, serat sintetis, karet, deterjen dan pewarna.

Penelitian lainnya menemukan bahwa ada sejumlah potensi peningkatan kanker dan dapat memperngaruhi sel darah, seperti leukimia pada orang yang terpapar banyak benzena.

Sementara salah studi menemukan adanya tingkat limforma non-Hodgkin yang tinggi pada dua ribu orang yang terpapar benzena tanpa diketahui pada tahun 2021.

Studi lain yang dipublis dalam American Cancer Society, menemukan tingkat leukimia yang lebih tinggi pada pekerja akibat terpapar Benzena.

Saat ini peneliti belum menemukan hubungan dari paparan benzene tingkat rendah melalui kosmetik dengan kanker, namun menghirup Benzena dengan dosis tinggi dapat menyebabkan beberapa efek samping jangka pendek seperti pusing dan kebingungan.

Produk Dry Shampoo yang ditarik oleh pihak FDA yakni sebagai berikut :

Dove Dry Shampoo Volume and Fullness
Dove Dry Shampoo Fresh Coconut
Dove Dry Shampoo Fresh and Floral
Dove Dry Shampoo Ultra Clean
Dove Dry Shampoo Invisible
Dove Dry Shampoo Detox and Purify
Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal
Dove Dry Shampoo Go Active
Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist
Nexxus Inergy Foam Shampoo
Suave Dry Shampoo Hair Refresher
Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive
Tresemme Dry Shampoo Volumizing
Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean
Tresemme Pro Pure Dry Shampoo
Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo
Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo
Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo
Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo

Baca Juga
Tinggalkan komen