Logo

Dol Gema Takbir Berkumandang di Simpang Jamik

KOTA BENGKULU – Puluhan dol tradisional Provinsi Bengkulu, bergema menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1439 H esok hari. Salah satu lokasi gema takbir yang sudah berjalan puluhan tahun, ialah gema takbir yang berlokasi di Simpang Jamik, Kelurahan Tengah Padang.

Gema takbir tersebut merupakan besutan Musmardi Ketua RISJA (Remaja Islam Pemuda Tengah Padang) yang telah menjadi rutinitas selama 22 tahun.

“Yang menggerakkannya itu saya, bersama perwakilan anak-anak Simpang Tengah Padang, disupport juga dengan warga-warga Alhamdulillah gema takbir ini terlaksana,” ujar Musmardi pada Kamis (14/6/2018), disela-sela gema takbir.

Biaya dari Gema takbir , diakui Musmardi berasal dari sumbangan sukarela rumah ke rumah, warga Tengah Padang dan Pengantungan.

Gema takbir, dilanjutkan Musmardi sebagai bentuk pembuktian bahwa warga Tengah padang bukanlah warga yang selalu membuat onar, karena selama ini warga Tengah Padang kerap dinilai negatif.

“Orang dulu menganggap bahwa warga tengah padang inikan pemabuk, mencuri,kita buktikan kalau warga tengah padang itu tidak selalu buruk, dan animo pak Imam serta pak lurah baik,” bebernya.

Beberapa tahun silam, gema takbir RISJA sempat dilaksanakan di mesjid Jamik dan di kawasan ruko Jamik, namun ditahun ini gema takbir dilaksanakan di depan kawasan rumah makan sederhana.

“Kalau di Jamik yang nonton cuma itu-itu saja, tapi kalau di tempat terbuka ini, umum bisa ikut nonton,” imbuh Musmardi.

Keceriaan masyarakat tampak mewarnai gema takbir, yang dengan bersemangat menggebuk sepuluh dol secara bergantian. Gema takbir pun diperkirakan berakhir pada pukul 00.00 dini hari, setelah dimulai sejak adzan maghrib hari ini.

Selain di simpang jamik, gema takbir juga digelar di kelurahan-kelurahan lain di kota Bengkulu, seperti kelurahan pondok besi, dan masyarakat Kebun Keling yang bermukim di belakang Benteng Marlborough, Tapak Paderi.