Logo

Dinas Pariwisata Gelar Sosialisasi Sadar Wisata Bagi Aparatur Pemerintah

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu gelar sosialisasi sadar wisata bagi aparatur pemerintah, Sabtu (20/5/2017) pukulu 09.00. Tujuannya, agar wisata Bengkulu dapat tersampaikan dengan baik dan secara luas.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria, mengatakan, produk unggulan Bengkulu ada tiga yakni wisata, sejarah dan budaya. Maka, sebagai aparatur harus ikut jadikan produk unggulan ini.

“Kita punya Benteng Marlhborough, Rumah Bung Karno, Danau Dendam dan masih banyak yang lain. Adapun juga budaya, seni dan alam kita sangat banyak,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, peran komunitas sangat penting. Jangan bandingkan dengan daerah maju tapi meniru daerah maju itu agar pariwisata di Bengkulu seperti itu.

“Daerah maju yang berperan mengelolah wisata menjadi wisata maju adalah masyarakatnya. Kalau di Bengkulu adalah pemerintah tapi tak menutup kemungkinan masyarakat juga akan terdorong,” katanya.

Dijelaskan Yudi, membangun wisata ini tidak seperti membangun fisik. Perlu waktu yang cukup lama. Jadi, menurutnya aparatur jangan bosan untuk mempromosikan wisata yang ada di Bengkulu baik di luar ataupun di dalam.

“Pariwisata tidak satu pintu, harus bekerja sama dengan OPD lain dan terus berkoordinasi. Agar pariwisata capai standar yang diinginkan,” terangnya.

Kuncinya, lanjutnya, adalah dengan sapta pesona yang aman, bersih, nyaman dan terakhir kenangan. Karena saat wistawan pulang dari Bengkulu harus mendapat kesan yang baik dan tak terlupakan.

“Maka itu, saya harap kita sama-sama mengekspose wisata di Bengkulu ini ke luar. Hingga wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Bengkulu,” pungkasnya di hadapan peserta.