Dinas Koperasi dan UKM Kunker ke Jakarta, Bahas Pembuatan Pabrik Minyak Merah

Dinas Koperasi dan UKM Kunker ke Jakarta, Bahas Pembuatan Pabrik Minyak Merah

BENGKULU – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan kerja ke Small and Medium Enterprises and Cooperatives (Smesco) Jakarta.

Kunjungan ini membahas perihal tata cara pembuatan pabrik minyak makan merah untuk koperasi petani sawit.

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Provinsi Bengkulu, Deddy Erlando menuturkan bahwa program Kemenkop UKM RI pembuatan pabrik minyak makan merah tahun 2023 dapat melibatkan koperasi petani sawit di Provinsi Bengkulu.

“Koperasi petani sawit di provinsi Bengkulu, diyakini sudah mampu mengikuti program tersebut,” kata Deddy pada Bengkulunews.co.id Jum’at (09/12/22) siang.

Sedangkan Kabid Pengembangan Perkoperasian Kemenkop RI, Cecep Setiawan mengatakan bahwa program tersebut saat ini dipegang oleh Sumatera Utara sebagai pilot project-nya. Jika proyek tersebut berhasil, makan akan dilanjutkan ke daerah lain yang memiliki potensi besar.

Cecep juga menawarkan program solusi solar untuk koperasi nelayan, namun Dinas Koperasi UKM Provinsi Bengkulu diminta dapat menyiapkan koperasi-koperasi nelayan yang memiliki potensial dan sehat untuk penyaluran bbm solar di provinsi Bengkulu.

Ia berharap kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, dapat menyiapkan koperasi petani sawit yang memiliki kemungkinan perkembangan besar dengan lahan kelapa sawit minimal 1000 hektar.

“Kami juga siap mendukung dan membantu dalam hal transformasi koperasi menjadi lebih modern juga dapat naik kelas melalui digitalisasi,” demikian Cecep.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen