Bengkulu News #KitoNian

Digagas Sejak 2014, Film Buya Hamka Resmi Tayang 20 April 2023

Tangkapan Layar : @vinogbastian__

Film Buya Hamka akan segara tayang di bioskop lebaran 2023 ini. Film ini merupakan garapan dua rumah produksi ternama Indonesia yakni Falcon Pictures dan Starvision Plus.

Film ini telah digagaskan sejak 2014 lalu dan pertama kali diumumkan pada 2019. Gagasan pembuatan film ini pertama kali datang dari Din Syamsuddin untuk membuat film Buya Hamka.

Produser Starvision Plus Chand Parwez dengan senang hati langsung merespon tawaran ini yang datang padanya 4 November 2014 silam. Ia sampai hadir dalam pertemuan di kantor MUI. Film ini juga menjadi film Indonesia pertama yang rumah produksinya bekerjasama dengan MUI.

Setelah disepakati pada 2014, film Buya Hamka melalui proses panjang, terutama soal penulisan naskah. Hingga kini, film tersebut dijadwalkan tayang pada lebaran 2023. Tepatnya pada tanggal 20 April 2023.

Buya Hamka adalah salah satu tokoh Islam yang pengaruhnya cukup besar di Indonesia, yang berani bersuara, dan berusaha melawan tudingan buruk padanya, termasuk dari pemerintah saat itu.

Perjuangan Buya Hamka yang begitu besar dalam dunia Islam Indonesia adalah sebagai pendiri Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam berdakwah, Buya Hamka menuliskan buku antara lain Tafsir Al- Azhar, Tasawuf Modern, dan Falsafat Hidup.

Sosok Buya Hamka jupa merupakan salah satu sastrawan yang karyanya sangat terkenal dalam perfilman Indonesia. Di antaranya, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Merantau Ke Deli, dan Di Bawah Lindungan Ka’bah.

Film Biopik Buya Hamka dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Laudya Chintya Bella yang berperan sebagai Siti Raham, istrinya. Film yang disutradarai Fajar Bustomi ini juga diperankan sederet aktor dan aktris terkenal.

Mereka adalah Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.

Film yang diproduksi Falcon Pictures bersama Starvision ini diarahkan Fajar Bustomi (saga Dilan, Mariposa) lewat naskah yang ditulis Alim Sudio bersama assandra Massardi.

Baca Juga
Tinggalkan komen