Logo

Dibagi Delapan Kategori, Ini Kesepakatan Harga Terendah TBS

BENGKULU TENGAH – Berdasarkan keputusan rapat tim penetapan harga pembelian Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit, harga TBS dikategorikan dalam 8 kategori. Dengan harga tertinggi mencapai Rp 1.379/kg dan terendah Rp 1.030/kg.

Untuk selanjutnya seluruh perusahaan pengolah kelapa sawit yang ada di Provinsi Bengkulu. Khususnya di Kabupaten Bengkulu Tengah agar dapat mempedomani surat edaran tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Benteng, Marlon Purba mengatakan, harga yang dikategorikan tersebut hasil perhitungan data oleh tim dan telah disepakati dengan rata-rata dari tabel. Maka ditetapkan harga TBS di tingkat pabrik sebesar Rp 1.200/kg dengan toleransi 5 persen.

“Hal itu sudah mulai berlaku pada 2 Juli lalu. Untuk itu, sudah diwajibkan seluruh perusahaan untuk mempedomani itu,” Marlon.

Marlon mengatakan, tidak hanya masalah harga, pihaknya sempat menyayangkan adanya tindakan perusahaan yang menutup beroperasi sementara waktu sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

“Kita akan segera memanggil manajemen Perusahaan, sebelum itu, kami dewan mencoba melakukan kunjungan kerja dulu ke luar daerah terkait harga sawit yang ada,” demikian Marlon.