Logo

Dampak Sistem Zonasi, SMAN di Kepahiang Hanya Punya Empat Siswa Baru

BENGKULU – Ketua Komisi VI DPRD Provinsi Bengkulu, Edward Samsi mengatakan rombongan anggota komisi VI serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kunjungan ke SMA Negeri 3 Kepahiang. Kunjungan ini dalam rangka pasca berakhirnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Dari informasi awal yang kita dapat, jumlah pelajar yang mendaftar di SMAN 3 itu hanya tiga orang,” kata Edward pada Bengkulunews.co.id Kamis (04/08/22) siang.

Ia menambahkan setelah PPDB, ada satu pelajar yang mendaftar di SMA tersebut. Edward berpendapat seharusnya hal itu tidak terjadi, apabila kedua sekolah pendukung yakni SMP N 1 dan SMP N 2 Kecamatan Hujan Mas mengikuti Permendikbud No 1 Tahun 2021 yakni melalui jalur zonasi.

“Kalau zonasi itu masuk ke Kecamatan Ujan Mas semua, tetapi pelajar ini mendaftar ke SMA lain,” tuturnya.

Maka dari itu, ia meminta PPDB ditahun selanjutnya diperketat dan terpusat. Yakni dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, agar setiap sekolah dapat menampung pelajar secara merata.

Dan untuk SMAN 3, mau tidak mau harus tetap menjalankan kegiatan pembelajaran dengan murid yang ada. Sampai PPDB selanjutnya, maupun adanya pelajar pindahan.

“Kalau di sekolah, beginilah kejadianya. Tidak merata,” demikian Edward. (Adv)