Logo

Cuaca Buruk, BMKG Imbau Nelayan Berhati-hati Melaut

KOTA BENGKULU – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, menghimbau agar nelayan khususnya kapal kecil berhati-hati untuk melaut dan mencari ikan untuk beberapa hari kedepan. Sebab, BMKG memperkirakan saat ini cuaca buruk dan gelombang di perairan Bengkulu cukup tinggi.

“BMKG memperkirakan cuaca kita di Bengkulu akan menghadapi cuaca yang cukup buruk namun hal itu hanya sampai tanggal 11 sampai 22 Mei saja. Penyebabnya ialah adanya pertemuan angin maka akan terjadi awan-awan Cumolonimbus terbentuk di Kota Bengkulu, sehingga akan mengalami hujan dalam intensitas rendah sampai sedang disertai petir, dan juga akan terjadi angin yang cukup kencang serta gelombang laut yang tinggi,” ujar Anang prakirawan BMKG Bengkulu, Rabu (25/4/2018).

Cuaca buruk beberapa minggu terakhir ini di Bengkulu membuat para nelayan kapal kecil takut dan khwatir untuk pergi melaut dan mencari ikan, terhitung telah satu minggu nelayan Bengkulu tepatnya nelayan Kelurahan Malabero tak melaut. Namun Anang menyampaikan bahwa, tak perlu terlalu khawatir cuaca seperti ini memang sering terjadi terutama dikawasan laut Bengkulu, namun yang harus diperhatikan ialah agar para nelayan tetap waspada apabila memaksakan untuk pergi melaut.

“Saya menyarankan agar para nelayan kecil untuk bersabar dulu menunggu sampai cuaca benar-benar bersahabat, namun apabila memaksakan untuk melaut dikarenakan kebutuhan ekonomi dan sebagainya, yah silahkan saja sebab cuaca seperti ini masih bisa untuk pergi melaut, tetapi dengan catatan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati, sebab perubahan cuaca memang sulit diprediksi,” tutup Anang.