Cara Merawat Ikan Koi

Penulis : Cindy

Ikan Koi. Foto, BN

Ikan Koi atau ikan keberuntungan ini awalnya berasal dari dataran Tiongkok loh, lalu pada abad ke 17 ikan ini dibawa ke Jepang untuk dijadikan makanan.

Nah dalam bahasa Jepang ikan koi memiliki arti Nishokiogi yang berarti ikan karper bersilam emas atau perak. Selain melambangkan keberuntungan, koi dilambangkan sebagai cinta dan persahabatan.

Berikut ada beberapa jenis ikan koi yang harus Anda ketahui :

1. Ikan Koi Tancho

Jenis ikan ini memiliki warna putih diseluruh badan, namun pada bagian kepala ada bulatan berwarna jingga loh. Biasanya ikan ini dijual seharga Rp700 hingga Rp1 juta loh.

2. Ikan Koi Shiro Utsuri

Ciri khas ikan ini memiliki warna putih pada badan dan terdapat bercak hitam. Harganya mulai dari Rp700 hingga Rp800 ribu.

3. Ikan Koi Ochina Shigure

Memiliki warna dasar putih yang pucat dan dipadukan dengan warna corak berwarna jingga pucat, harganya cukup terjangkau berkisaran Rp200 hingga Rp300 ribu.

4. Ikan Koi Shusui

Memiliki warna corak unik yakni hitam, disepanjang punggunggnya dan membentuk seperti tulang punggung. Harganya mulai dari Rp400 ribu bingga Rp500 ribu.

5. Ikan Koi Showa Sanshoku

Jenis ini sangat indah dan istimewa, karena coraknya saling bersinggungan. Berwarna hitam serta merah yang menyerupai marmer, harganyapun cukup hamal berkisar Rp1 jutaan.

Untuk merawat ikan Koi cukup sulit ya, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut :

  • Kolam koi harus memiliki kedalaman kurang lebih 50 cm.
  • Gunakan air bersih untuk mengisi kolam.
  • Anda juga harus menggunakan filter air agar menjaga kebersihan kolam.
  • Pilih ikan koi yang sehat agar mudah menyesuaikan dengan kondisi kolam. Anda dapag melihat ciri ikan koi yang sehat. Yakni bergerombol, lincah, dan aktif.
  • Gunakan tanaman air seperti alda, karena dengan adanya tumbuhan air akan memberi ikan nutrisi.
  • Berikan pelet yang sudah direndam selama 30 – 60 detik agar koi mudah mencerna makanannya.
  • Untuk kolam berukuran 1,5 meter dengan jumlah koi maksimal, beri pakan 100 gram per barinya. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering memberi makan.
  • Beri nutrisi seperti wortel, udang, atau lainnya 2 minggu sekali.
  • Suhu pada kolam koi harus 24 -26 derajat celcius.
Baca Juga
Tinggalkan komen