Bengkulu News #KitoNian

BPOM dan Dinkes Cek Takjil


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Tim gabungan dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu dan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, melakukan pengecekan terhadap takjil atau menu berbuka puasa yang dijajaki pedagang di sejumlah pasar kaget di Kota Bengkulu.

”Kita khawatir kalau pedagang ini nantinya, menggunakan pemanis buatan yang dilarang, karena orang puasa kan membutuhkan energi dari gula,” kata Kepala BPOM Bengkulu, Martin Suhendri, Senin (29/5/2017).

Martin menyampaikan, dari 24 sample yang diuji di dua lokasi berbeda, tidak ditemukan pedagang yang menggunakan pemanis buatan ataupun pengawet makanan.

”Sejauh ini tidak ada temuan makanan, yang dijual pedagang menggunakan pemanis buatan,” jelas Martin.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Bengkulu, Edriwan Mansyur mengatakan, bahan pengawet makanan atau formalin, boraks dan pemanis sangat berbahaya untuk kesehatan.

Sehingga, kata dia, pihaknya bersama BPOM Bengkulu mengecek menu berbuka yang dijajaki kalangan pedagang di sejumlah pasar kaget dalam Kota Bengkulu.

”Kalau didalam makanan yang dijualkan pedagang terdapat bahan pengawet, itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Makanya, kita ambil sample makanan untuk dicek apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak,” tutup Edriwan.

Baca Juga
Tinggalkan komen