Bengkulu News #KitoNian

Bengkulu Wilayah Pertama yang Dilintasi Gerhana Matahari Total (GMT)

BENGKULU, bengkulunews.co.id – Pemerintah Provinsi Bengkulu mengajak masyarakat dan wisatawan bersama-sama menyaksikan gerhana matahari, pada 9 Maret mendatang di puncak Benteng Marlborough. Dipilihnya tempat tersebut, selain indah juga merupakan sebuah benteng bersejarah peninggalan kerajaan Inggris, di Kota Bengkulu.

Dari 12 provinsi di Indonesia yang dilintasi gerhana matahari, Provinsi Bengkulu merupakan wilayah pertama yang dilintasi gerhana matahari total (GMT) dengan kepekatan 1,008 magnitundo, dengan kategori sangat pekat. Gerhana matahari total pada posisi lintasan titik nol ini terjadi di Kabupaten Muko-muko tepat pada pukul 07.19, yang disebut sebagai puncak gerhana, dimana bulan akan menutupi matahari secara penuh.

Asisten administrasi umum Setda Provinsi Bengkulu, Sudoto mengajak masyarakat dan wisatawan tidak melewatkan fenomena alam yang sangat langka ini. Meski gerhana yang terjadi di Kota Bengkulu nanti tidak sepekat di Kabupaten Mukomuko.

“Meski tidak sepekat di Muko-muko, matahari akan tertutup 90% di kota Bengkulu, jadi sebenarnya hampir sama dengan di Muko-muko, hanya selisih 10%. Ini sebuah fenomena alam yang sangat langka dan sebaiknya tidak kita lewatkan,” ujar Sudoto, di Bengkulu, Jumat (04/03).

Pemprov Bengkulu juga telah menyiapkan tempat bagi masyarakat dan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara untuk dapat menyaksikan gerhana matahari Gerhana di wilayah Bengkulu, dimulai pukul 06.19 sampai dengan pukul 08.27 WIB. Puncak gerhana dimana keadaan menjadi gelap akan terjadi pukul 07.19 dan hanya berlangsung 1 menit 43 detik.

Acara di Benteng Malborough itu nantinya diawali dengan sholat gerhana secara berjamaah yang diikuti oleh Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti. Masyarakat juga dapat menyaksikan puncak GMT melalui teropong yang sudah disiapkan dan akan mendapatkan penjelasan ilmiah mengenai fenomena alam ini dari para ahli.(rls)

Baca Juga
Tunjukkan Komen (1)