Begini Cara Memilih Obat Sirup yang Aman untuk Anak, Salah Pilih Bisa Celaka

BENGKULU – Kasus Gagal Ginjal Akut (GGA) banyak menyerang anak, terutama dalam kurun waktu dua bulan terakhir ini. Penyebab pasti dari penyakit yang bisa merenggut nyawa korbannya ini sejatinya masih misterius.

Namun, menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dugaan terbesar penyebab kasus gagal ginjal yang mayoritas menyerang anak di bawah usia 5 tahun itu adalah karena adanya senyawa kimia yang mencemari obat-obatan sirup.

Terkait hal itu, membuat orangtua anak semakin khawatir. Ketika terserang penyakit, seperti batuk anak-anak akan jadi rewel dan keceriaannya berkurang. Saat anak batuk, penting untuk memilih obat batuk anak dengan tepat.

Sebab, tidak semua obat batuk yang dijual di apotik bisa digunakan oleh anak. Mengingat obat batuk juga banyak jenisnya, untuk mengatasi berbagai jenis batuk. Lantas, bagaimana cara memilih obat batuk anak yang tepat?

Cara Memilih Obat Sirup yang Aman

Saat hendak memilih obat sirup untuk batuk, coba lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Periksa dulu gejala batuk Anda, apakah batuk berdahak atau batuk kering.
  2. Baca dosis dengan cermat pada kemasan
  3. Dosis didasarkan pada usia Anda, kondisi medis, dan respons terhadap pengobatan
  4. Jangan menambah dosis Anda atau mengonsumsi obat lebih sering daripada yang disarankan
  5. Hati-hati mengukur dosis menggunakan alat ukur / sendok. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin memiliki dosis yang salah.
  6. Selalu periksa label obat yang Anda minum untuk melihat apa bahan-bahannya.
  7. Setelah Anda memilih obat yang tepat, baca labelnya dengan cermat, sehingga Anda memahami berapa banyak dan seberapa sering Anda perlu minum obat, efek sampingnya yang umum, dan peringatan apa pun yang perlu Anda waspadai.

Penting untuk diingat bahwa semua obat tidak sama. Satu sirup obat batuk mungkin tidak berfungsi untuk semua jenis batuk. Berikut klasifikasi obat batuk yang perlu Anda ingat.

  • Obat Penekan Batuk seperti Dextromethorphan Hydrobromide membantu menekan fekruensi Anda batuk, sehingga Anda tidak akan batuk terlalu sering.
  • Ekspektoran seperti Guaifenesin membantu menipiskan lendir, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.
  • Anti-histamin Obat-obatan flu ini membantu mengatasi bersin, gatal, dan pilek yang terkait dengan gejala alergi.
  • Produk Combinationcough memiliki lebih dari satu bahan aktif. Obat batuk mungkin juga mengandung bahan-bahan yang membantu melapisi dan menenangkan tenggorokan.

Demikian itu rekomendasi cara memilih obat sirup yang aman, utamanya terkait dengan obat batuk seperti dilansir dari thehealthsite.com. Apabila batuk tidak segera reda atau sembuh meski sudah mengonsumsi obat yang benar di apotik sebaiknya segera periksakan diri Anda ke pemeriksaan medis yang lebih luas.

Baca Juga
Tinggalkan komen