Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Bawaslu Kota Bengkulu Ajak Pengawas Pemilu Wujudkan Pemilu Damai

BENGKULU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu melaksanakan apel siaga pengawasan tahapan kampanye dan deklarasi pemilu damai serta komitmen netralisasi, ASN, TNI dan Polri pada pemilu serentak tahun 2024 ,  di lapangan Merdeka View Tower, Selasa (05/12/2023).

Ketua bawaslu Kota Bengkulu, Rahmat Hidayat mengatakan dalam menuju pemilu 2024, Bawaslu Kota, Provinsi, kecamatan sampai kelurahan siap mengawasi proses kampanye.

“Kami dari kawan-kawan Bawaslu baik dari tingkat Provinsi sampai dengan kekurahan siap untuk mengawal dan mengawasi kampanye kedepan,” katanya.

Rahmat menjelaskan sampai saat ini belum terdapat adanya pelanggaran dari partai politik maupun perseorangan, semua pihak menjalankan proses kampanye secara tertib.

“Masing-masing pihak memberitahukan dimana saja titik-titik kampanye mereka,” tambahnya.

Rahmat mengajak seluruh jajaran pengawas pemilu se kota Bengkulu untuk mendukung dan mewujudkan pemilu yang damai dan berkualitas.

“Terkhusus seluruh jajaran pengawas pemilu bak dari kecematan maupun kelurahan saya koordinasikan harus siap sigap dalam melakukan dan mempatroli pengawasan dengan stekholder di wilayah masing-masing,” katanya.

Di tempat yang sama, Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono mengatakan dalam hal ini kehadiran Polri dan TNI akan netral dalam pelaksanaan pemilu.

“Kami akan melakukan pengawasan proses penilu dengan sebaik-baiknya, sehingga tercipta keadaan pemilu dengan nyaman, aman, tertib dan damai,” jelasnya.

Aris mengatakan, Polri telah membuat SOP terkait larangan-larangan yang harus dipatuhi oleh para anggota Polri.

“Kepolisian dilarang untuk ikut berkampanye, tentu dalam mata brata ini akan ada kegiatan-kegiatan untuk melakukan pengawasan kepada seluruh anggota kepolisian yang ikut melakukan kegiatan mulai dari tahapan sampai dengan penyelenggaraan,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen