Logo

Banjir Rendam 3 RT di Tanah Patah, Ratusan KK Terdampak

BENGKULU – Ratusan rumah di 3 RT Jalan Gunung Bungkuk Kelurahan Tanah Patah Kota Bengkulu terendam banjir, Minggu (21/8). Banjir akibat curah hujan tinggi mengguyur Kota Bengkulu pada Sabtu malam.

Ketinggian air mencapai 60 centimeter hingga 80 centimeter atau setara pinggang orang dewasa. Warga sekitar terpaksa menutup akses jalan agar tidakba dilalui kendaraan.

Sebagian warga juga terpaksa mengungsi di dataran lebih tinggi, sementara beberapa warga lagi yang rumahnya terendam banjir memilih bertahan di rumah untuk menjaga barang berharga miliknya.

Salah seorang warga jalan Gunung, Sudarto mengatakan, bahwa banjir yang terjadi saat ini merupakan yang terparah terjadi di jalan Gunung Bungkuk sepanjang adanya kejadian banjir di daerah tersebut.

“Air ini naik sekitar jam 12 malam. Ini yang paling parah terjadi selama ini. Kalau ketinggian sampai 60 centimeter sudah masuk masuk ke rumah warga,” ujar Sudarto.

Senada disampaikan Ketua RT 16 RW 005 jalan Gunung Bungkuk, Siswandi. Banjir kali ini merupakan yang terparah. Sebab, kata dia selama ini banjir tidak pernah masuk ke dalam rumah-rumah warga di sana.

“Banjir kali ini yang begitu besar dan dalam baru kali ini. Selama ini memang banjir disini, cuma tidak sampai seperti sekarang,” kata Siswandi.

Siswandi mengaku tidak mengetahui penyebab banjir kali ini, karena banjir yang terjadi begitu dalam dan berlangsung lama.

“Nah kalau penyebab belum kita ketahui, ini kita masih cari tahu sama warga. Karena kali ini banjirnya lama dan sangat dalam,” lanjutnya.

Warga berharap ada perhatian khusus dari pemerintah kepada warga yang terdampak banjir untuk memberikan pertolongan.