Logo

Bangun Kultur, Langkah Awal Bengkulu Maritim

bengkulunews.co.id – Menuju Bengkulu Provinsi Maritim tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pemerintah provinsi Bengkulu. Selain kebijakan pro nelayan yang ramah laut, pemprov Bengkulu mencanangkan program pendidikan kemaritiman, mulai dari SMK hingga perguruan tinggi.

Kendati demikian, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti menyadari bahwa program tersebut adalah target jangka panjang sehingga membutuhkan sumber daya manusia dan juga waktu yang tak sebentar. Oleh sebab itu, saat ini permprov ingin membentuk kultur masyarakat yang mencintai laut dan profesi di perairan samudera, sebagai langkah awal.

“Tak mesti malu menjadi nelayan, Bengkulu ini masa depannya ada di laut. Saat ini sebagai langkah awal kita bangun dulu kulturnya. Generasi nelayan yang terdidik dan tangguh kita persiapkan kedepan sehingga mempunyai daya saing,” papar Ridwan Mukti usai tatap muka bersama masyarakat nelayan provinsi Bengkulu, Minggu (3/4).

Membangun kultur yang dimaksudkan oleh gubernur ialah masyarakat Bengkulu harus bangga dan sadar bahwa laut adalah masa depan. Nelayan dan masyarakat terbuka akan kemajuan teknologi dan pengetahuan.

“Jangan sampai nelayan kita tetap dengan sistem tradisional, saat ini alat semakin canggih, tehnik semakin maju, informasi melesat cepat. Kita harus bangkit sehingga menjadi nelayan yang tangguh dan berdaya saing. Kita bangga menjadi nelayan,” demikian Gubernur.(122)