Bengkulu News #KitoNian

Arta Reffan, Siswa Berbakat Pemenang Pencak Silat O2SN Provinsi Bengkulu 2023

BENGKULU – Kerja keras Arta Reffan dalam berlatih pencak silat berbuah manis. Siswa berbakat ini berhasil menjadi yang terbaik di cabang olahraga pencak silat tunggal putra dari seluruh SMA/MA se Provinsi Bengkulu dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2023.

Arta, saapan akrabnya merupakan siswa dari SMA N 1 Kaur. Ia berhasil mendapatkan juara satu cabang pencak silat putra dan mengantarkannya menuju nasional. Dalam meraih juara, Arta mengalami banyak tantangan bahkan keraguan saat menghadapi pertandingan pencak silat.

“Pas awal pertandingan itu ada rasa was-was, ada rasa bimbang juga tapi dengan latihan yang keras mengurangi rasa itu dan meningkatkan rasa percaya diri saya,” kata Arta.

Arta sudah menggeluti pencak silat sejak umur tujuh tahun, dimulai saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Ia dilatih oleh ayahnya yang merupakan atlet PON, sejak saat itu ia mulai menekuni pencak silat hingga menjadi hobbi yang menghasilkan prestasi seperti sekarang.

Dalam menghadapi pertandingan Arta mempersiapkan fisik dan berlatih setiap hari bersama ayah dan kakaknya. Sang kakak merupakan mantan atlit Popnas Riau mewakili Provinsi Bengkulu, sehingga ia semakin semangat berlatih agar ia juga bisa seperti kakaknya.

“Saya selalu giat berlatih setiap hari sama papa dan abang saya serta menjaga pola makan dan kesehatan saya, dengan penuh semangat agar saya bisa seperti kakak saya,” jelasnya.

Prestasi yang diraihnya ini bukan pertama kalinya. Ia berhasil mengukir prestasi pertamanya saat duduk di bangku SMP dalam event turnamen Rejang Lebong dan Event Turnamen Kaur. Ia juga berhasil membawa medali emas dalam ajang POPDA Bengkulu dan Pra Popnas di Lampung.

Ia mengatakan bahwa langkahnya takkan sejauh ini jika tidak ada sosok yang menginspirasi dirinya, sosok tersebut adalah kakaknya sendiri mantan atlet pencak silat yang berhasil meraih medali emas di ajang Popnas Riau tahun 2011.

“Saya sangat termotivasi dengan abang saya, dia yang bikin aku semangat untuk terus berjuang,” jelasnya.

Harapnya kedepan Arta akan memaksimalkan dan menyiapkan dirinya dalam menuju Nasional.

“Mencetak prestasi semaksimal mungkin menjadikan pencak silat sebagai budaya bangsa dan menjadi generasi yang berkarakter kak, dan saya akan berusaha membawa nama baik sekolah orang tua dan Bengkulu kak,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen