Apple Upgrade Versi IOS Terbaru 16.2, Fitur jadi Lebih Banyak

Apple Upgrade Versi IOS Terbaru 16.2, Fitur jadi Lebih Banyak

Apple Phone

Apple kali ini melakukan perbaikan sejumlah bug, melakukan perbaikan keamanan, serta membawa sejumlah fitur terbaru seperti aplikasi Freeform hingga enkripsi end-to-end untuk data dicadangkan (backup) di iCloud.

Selain itu fitur dari IOS 16.2 menghadirkan mode karoke di aplikasi Apple Music, juga pembaruan keamanan untuk OS lama. Berikut beberapa fitur yang terdapat di IOS 16.2 :

1. Freeform

Freeform merupakan aplikasi desain yang diumumkan Apple, dalam konferensi pengembang tahunan (Worldwide Developers Conference/WWDC).

Aplikasi ini memungkinkan pengguna seperti iPhone, iPad maupun Mac berkolaborasi membuat sebuah desain secara bersamaan. Tidak hanya itu aplikasi ini mendukung berbagai macam input, mulai teks yang diketik, file shape hingga teksi ditulis secara manual atau gambar.

Pengguna aplikasi Freeform harus memiliki AppleID dan iCloud, dengan begitu pemiliki bisa berbagi draft atau file lewat papan desain Freeform dan menyinkronkan setiap perubahan.

2. Enkripsi end-to-end (E2E)

Pembaruan IOS 16.2 dilengkapi dengan lapisan keamanan berupa enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end). Lapisan tersebut disertakan untuk melindungi file pengguna ketika dicadangkan (backup) ke iCloud.

Sistem keamanan yang ditambahkan Apple menurut kategori data yang dilindungi enkripsi end-to-end dari 14 menjadi 23. Data tersebut meliputi, foto, note, siri shortcuts, voice memos wallet passes, bookmark safari, reminder dan pesan.

Pengguna yang ingin mendapatkan fitur tersebut, harus mengaktifkan menu Perlindungan Data Lanjutan (Advance Data Protection) di menu iCloud.

Sedangkan untuk iCloud mail, kontak dan kalender tidak termasuk karena ketiga aplikasi ini beroperasi dengan sistem e-mail, kontak dan kalender secara global.

Pemasangan (E2E) ini akan melindungi data pengguna yang terdafatar dalam Apple ID, sedangkan aplikasi lain akan dilindungi oleh sistem keamanan standar Apple.

3. Mode karoke di Apple Music

Apple juga menghadirkan mode karoke di aplikasi Apple music, bagi pengguna yang ingin bernyanyi. Fitur ini disebut Apple sing dan tersedia untuk semua pengguna iPhone 11 ke atas, iPad serta Apple TV.

Mode ini mengkobinasikan lirik secara real-time, sedangkan teknisnya memakai machine learning unutk memisahkan dan melakukan sinkronisasi vocal dari musik. Fitur ini mendukung 80 persen lagu yang paling banyak diputar di Apple musik.

Baca Juga
Tinggalkan komen