Antisipasi Hujan, Ini Lima Aplikasi Prakiraan Cuaca yang Bisa Anda Download

Antisipasi Hujan, Ini Lima Aplikasi Prakiraan Cuaca yang Bisa Anda Download

Ilustrasi. BN

Jelang libur tahun baru, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan adanya cuaca ekstrem di sejumlah Provinsi. Berbagai Provinsi diprediksi akan mengalami hujan ringan hingga lebat. Beberapa daerah peringatan badai hingga banjir juga menjadi ancaman.

Tentunya dengan cuaca ekstrem yang belum dipastikan benar kapan akan terjadi, sebaiknya anda meyiapkan beberapa hal penting seperti mantel maupun payung untuk antisipasi.

Selain itu penggunaan aplikasi prakiraan cuaca juga sangat membantu anda, dalam mengetahui kondisi cuaca setiap harinya. Apa saja aplikasi tersebut? berikut urutannya :

1. Info BMKG

Aplikasi yang wajib anda download adalah Info BMKG yang resmi dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Aplikasi ini menyajikan informasi prakiraan cuaca di Indonesia, dalam tiga hari ke depan. Banyak fitur lain juga yang tersedia, seperti gempa bumi, iklim dan lainnya. Pengguna bisa mendownloadnya di Appstore maupun Playstore gratis.

2. Weather – The Weather Channel

Aplikasi satu ini selain memiliki prakiraan cuaca yang signifikan seperti curah hujan, kondisi terkini, laporan aktivitas, hingga kondisi lalu lintas rupanya juga menyediakan NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat).

Sama seperti aplikasi sebelumnya Weather bisa didownload di Android dan iOS. Pengguna dapat mendownlaod aplikasi secara gratis dengan layanan iklan ataupun tanpa iklan, namun dikenakan biaya 3,99 dolar AS atau setara Rp 55.000.

3. Carrot Weather

Khusus pengguna IOS dapat mencoba aplikasi ini untuk memprediksi cuaca ekstrem yang akan terjadi di sejumlah wilayah. Selain itu aplikasi ini memiliki kolom deskripsi dan prediksi serta gejala yang akan timbul sebelum cuaca terjadi. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna perlu berlangganan sekitar sekitar 4,99 dolar AS atau sekitar Rp 69.000.

4. AccuWeather

Sama dengan aplikasi lainnya, pengguna dapat menemukan beberapa aplikasi mengenai prakiraan cuaca di AccuWeather. Berbagai fitur tersedia seperti prakiraan cuaca yang akan datang, kondisi cuaca terkini, peta radar yang bisa disesuaikan dengan wilayah pengguna.

Tidak hanya itu pengguna bisa mengatur notifikasi (pemberitahuan) mengenai peringatan cuaca buruk yang akan terjadi. Aplikasi ini bisa di download melalui Android maupun IOS secara gratis namun beriklan, atau pegguna bisa memilih berlangganan tanpa iklan dengan biaya 2,99 dolar AS atau setara Rp 41.000.

5. Dark Sky – Hyperlocal Weather

Khusus pengguna Android dapat menggunakan aplikasi Dark Sky untuk mengetahui informasi mengenai cuaca yang akan datang. Selaini tu aplikasi ini menyediakan fitur perkiraan lokal jangka pendek, radar, prakiraan cuaca, dan suhu.

Sama dengan aplikasi lain pengunduhannya gratis namun memiliki iklan, atau pengguna bisa berlangganan dengan biaya membayar 3,99 dolar AS atau setara dengan Rp 55.400.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen