Bengkulu News #KitoNian

878 Warga Kota Bengkulu Terinfeksi Penyakit TBC

poto milik Indah/NB

BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu menyebutkan bahwa hingga Agustus 2023, pihaknya menemukan sebanyak 878 Kasus orang terinfeksi Tuberculosis( TBC) di Kota Bengkulu.

“Hingga saat ini tim Dinkes Kota Bengkulu menemukan 878 kasus warga terinfeksi TBC, kasus TBC ini cukup banyak dan belum banyak ditemukan, oleh karena itu kami terus melakukan skrining TBC untuk menemukan kasus ini, target Dinkes sendiri 2.135 kasus,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bengkulu Sri Martiana di Kota Bengkulu, Kamis (31/08/2023).

Untuk menekan angka penyebaran TBC di Kota Bengkulu, pihaknya terus melakukan edukasi dan penyuluhan yang bekerjasama dengan yayasan maupun puskesmas yang ada di Bengkulu.

Ia menjelaskan tingginya kasus TBC di Kota Bengkulu, disebabkan karena banyak sekali warga yang sudah bergejala batuk lebih dari dua minggu tapi tidak mau diperiksa.

“Orang yang sudah bergejala susah sekali untuk diperiksa, bahkan kita sudah datang dan membawa alat-alat seperti pot dahak tapi mereka tetap tidak mau diperiksa,” ungkap Sri

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bengkulu Sri Martiana mengimbau masyarakat jika ada anggota keluarga yang menderita TBC segera dibawa ke puskesmas atau RSU setempat, sehingga penyakit tersebut dapat disembuhkan dalam waktu dekat.

“Jika ada warga maupun anggota keuarga yang memiliki gejala TBC seperti batuk lebih dari dua minggu, demam mengigil dan kurangnya nafsu makan segeralah bawa ke puskesmas setempat, sehingga penyakit yang diderita dapat disembuhkan cepat,” demikian Sri.

Baca Juga
Tinggalkan komen