Bengkulu News #KitoNian

4 Rekomendasi Wisata Sejarah di Bengkulu yang Wajib Kalian Kunjungi

Selain dikenal dengan julukan Bumi Rafflesia, Bengkulu merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak kisah sejarah bangsa indonesia loh. Sejarah Bengkulu pernah menjadi daerah jajahan Inggris, Belanda dan Jepang telah menjadi salah satu daya tarik wisata dari kota yang terletak di pesisir ini. Bangunan-bangunan peninggalan bangsa asing seperti benteng, rumah pengasingan, serta monumen berupa tugu masih dapat ditemukan berdiri di berbagai sudut kota Bengkulu.

Tempat bersejarah di Bengkulu ini tidak hanya cocok untuk dikunjungi sebagai pelengkap wisata saja loh. Namun juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran sejarah.

Kalau kalian sedang berkunjung ke Bengkulu, 4 Destinasi wisata sejarah berikut yang wajib kalian kunjungi:

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough. Salah satu objek wisata unggulan Provinsi Bengkulu. Foto, Dok BN

Benteng marlborough merupakan benteng peninggalan inggris yang dibangun pada 1714-1719. Bahkan sampai saat ini bangunan ini masih berdiri kokoh, tak heran jika sampai saat ini Benteng Marlborouh menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kota Bengkulu, Khusus nya wisata sejarah.

Hal menarik yang harus kalian ketahui Benteng ini se;lain bangunan serta isi nya yang masih berdiri dengan kokoh adalah fasilitas yang tersedia  di dalam benteng. Ruangan yang ada di dalam Benteng Marlborough terdapat berbagai informasi mengenai sejarah Bengkulu dan juga Benteng Marlborough

Lokasi Benteng Marlborough: Jalan Benteng, Keruhan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Pengunjung Rumah Bung Karno, Bengkulu. Foto, Gita/BN

Bengkulu merupakan salah satu lokasi pengasingan dari presisen pertama Indonesia, siapa lagi kalo bukan Bung Karno. Masa pengasingan Bung Karno di Bengkulu dimulai sejak tahun 1938 sampai dengan tahun 1942. Nah selama masa pengasingan Bung Karno diberikan rumah sebagai tempat tinggal di Bengkulu.

Rumah Peningglan Bung Karno di Bengkulu ini masih berdiri kokoh sampai dengan sekarang.Bahkan, di dalamnya pun terdapat banyak barang-barang peninggalan Bung Karno yang dipamerkan di sini.

Lokasi; Jalan. Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan, Gading Cempaka.

Museum Negeri Bengkulu

tempat bersejarah selanjutnya ayaitu, Museum Negeri Bengkulu sebagai tempat penyimpanan barang antik yang memiliki 6.000 koleksi benda-benda bersejarah.

Nah, salah satu koleksi yang banyak mendapat perhatian para pengunjung yaitu mesin cetak “ Uang Merah” dengan merek Golden Prss, Kleksi naskah bahasa, kain batik Basurek khas Bengkulu, Miniatur rumah adat, pakaian adast dan senjata tradisional.

Lokasinya: Jalan. Pembangunan No.08, Gading Cempaka, Jembatan Kecil, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Tugu Thomas Parr

Tugu Thomas Parr

Tugu Thomas Parr merupakan sebuah monumen yang terletak di Bengkulu, di dedikasikan kepada Thomas parr, Residen Inggris di Bengkulu yang terbunuh  pada tahun 1807. Tugu ini dibangun  satu tahun setelah kematiannya, bangunan tersebut dianggap cagar budaya.

Lokasi: Maleobero, Kecamatan. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Baca Juga
Tinggalkan komen