3 Hari Kedepan Curah Hujan Masih Tinggi, Berpotensi Timbulkan Bencana Hidrometeorologi

3 Hari Kedepan Curah Hujan Masih Tinggi, Berpotensi Timbulkan Bencana Hidrometeorologi

BENGKULU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu memprediksi adanya curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu selama 3 hari ke depan.

Curah hujan yang lebat tersebut berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung di wilayah tersebut.

“Untuk prakiraan cuaca Bengkulu, update hari ini tanggal 7 hingga 9 Desember mendatang diperkirakan ada potensi hujan sedang hingga lebat. Ini berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi,” jelas Diah Risky, Prakiraan Cuaca BMKG Fatmawati Bengkulu, Rabu (07/12).

Diah Rizky mengatakan, prakiraan berbasis dampak hujan lebat di wilayah Bengkulu itu, diantaranya Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Mukomuko, Bengkulu Selatan, Kaur, Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, dan Bengkulu Utara.

Hal tersebut, kata Diah disebabkan adanya belokan angin di wilayah Bengkulu, sehingga terjadi hujan yang diprediksi terjadi sejak siang hingga malam hari.

“Untuk saat ini penyebab utamanya adalah karena adanya belokan angin di wilayah Bengkulu sehingga menyebabkan potensi hujan itu sendiri terjadi di Bengkulu,” ujarnya.

BMKG mengingatkan kepada seluruh warga, khususnya warga yang tinggal di lokasi rawan bencana untuk berhati-hati dan tetap waspada.

Sementara itu, untuk gelombang laut BMKG menyebut saat ini masih di kategori sedang. Ketinggian gelombang hanya sekitar 1,25 hingga 2,5 meter.

Baca Juga
Tinggalkan komen