Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Tujuh Kue Tradisional Khas Bengkulu

Lempuk Durian adalah kudapan manis yang masih sejenis dengan dodol durian. Foto, Cindy/BN

Hallo Viewers Happy Sunday…

Wah hari ini Bengkulu diguyur hujan ya Viewers, jadi males ke mana-mana ya kan? Belum lagi hujan gini enaknya ngemilkan Viewers. Nah ngomong-ngomong soal ngemil mimin mau share ke Viewers ni jajanan kue khas Bengkulu, yang pastinya wenak banget.

1. Bay Tat

Bay Tat merupakan kue yang mirip pai namun isi Bay Tat adalah selai nanas Viewers, Bay Tat juga ada yang ditaburi keju loh. Kenapa ya dinamai Bay Tat? Pastinya Viewers juga penasaran bukan? Nama Bay Tat sendiri berasal dari bahasa Bengkulu “Bay” yang berarti induk dan “Tat” dari kata tart, dengan kata lain Bay Tat adalah Kue Tart khas warga Bengkulu Viewers.

Oh ya Viewers dulunya Bay Tat merupakan makanan yang disajikan untuk para bangsawan, namun sekarang Bay Tat bisa dinikmati semua lapisan masyarakat. Untuk bentuk Bay Tart sendiri sering berbentuk kotak atau bulat ni Viewers, harganyapun cuukuup terjangkau dari 20ribu rupiah hingga 25ribu rupiah tergantung merknya.

2. Cucur Ringgit

Cucur Ringgit merupakan kue Khas Bengkulu yang terbuat dari dari tepung dan gula merah yang dijadikan adonan lalu digoreng pada umumnya Cucur Ringgit hampir sama dengan kue cucur yang lain ya Viewers, namun ada yang membuatnya berbeda adalah bentuknya yang mempunyai tepian yang Beringgit dan ditengahnya terdapat bolongan sebesar lidi.

Ini dikarena proses memasaknya yang menggunakan tusukan untuk membalikkan selagi digoreng agar matang merata. Teksturnya lebih lembut dan agak licin, rasanya yang manis membuat kita ingin mencicipi cucur ringgit lagi dan lagi apa lagi jika ditemani secangkir the hangat wahh enaknyoo. Untuk harga kue Cucur Ringgit tergolong murah yaitu seribu rupiah perbijinya.

3. Perut Punai

Perut Punai biasanya dihidangkan sebagai cemilan dalam berbagai acara hajatan, bahan untuk membuatnya terdiri dari tepung beras (sekarang diganti dengan tepung sagu), gula, kapur sirih, garam. Perut Punai berbentuk seperti usus karna dalam proses pembuatanya adonan dibulat-bulatkan dan dililitkan sehingga menyerupai usus, untuk rasa Perut Punai memiliki banyak varian rasa ada asin dan manis tergantung selera Viewers masing-masing ya. Untuk harga berkisar 60 ribu sampai 75 ribu perkilonya.

4. Bolu Kojo

Bolu Kojo dan Bolu Koja khas palembang pada umumnya hampir sama dalam ya Viewers, namun bedanya Bolu Kojo khas Bengkulu adalah pada tambahan agar-agar putih sehingga yang menghasilkan rasa gurih. Teksturnya sangat lembut seperti kue brownies dan menciptakan rasa yang sangat nikmat. Bolu koja ini menggunakan campuran agar-agar, sehingga terasa lembut di lidah. Warna bolu koja dominan hijau yang berasal dari campuran daun pandan. Untuk harga berkisar 60ribu sampai 135ribu rupiah ya Viewers.

5. Kue Bongkol

Kue bongkol bungkus daun pisang ini memiliki rasa yang gurih dan manis ini cocok dimakan dalam keadaan dingin jadi lebih segar Viewers, kue dengan teksturnya yang lembut, empuk dan dimakan bersama kuah santan kelapa yang dicampur gula aren ini semakin banyak dicari warga Bengkulu saat bulan puasa ini sebagai menu takjil Ramadhan loh.

Kue ini dengan mudah ditemukan dan dicari karena banyak dijual di pinggir jalan selama bulan puasa Ramadhan tiba. Wah recommend banget buat Viewers ya pas dimakan saat panas terik untuk menghilangkan dahaga.

6. Lepek Beinti

Lepek Binti adalah sajian khas dari Bengkulu. Untuk rasa dan bentuk isinya mirip Lemper Daging dari Jawa, namun kalau adonan kulit lemper berupa ketan kukus, kulit Lepek Binti berasal dari tepung ketan halus uniknya sajian ini dikemas menyerupai Nagasari . Untuk isinya menggunakan daging giling yang sudah diberi bumbu khusus dan tambahan santan kelapa, lengkuas dan daun salam. Sehingga menghasilkan rasa gurih.

7. Lempuk Durian

Apa si lempuk durian itu? Lempuk Durian adalah kudapan manis yang masih sejenis dengan dodol durian. Bagi masyarakat Pekanbaru, Lempuk Durian adalah olahan dodol durian yang menjadi makin istimewa, sebab dicampur dengan gula merah dalam proses pembuatannya.

Nah itu dia beberapa kue khas Bengkulu yang tentunya Viewers jangan sampai ketinggalan saat datang ke Bengkulu, Viewers bisa menjumpai kue tersebut di toko oleh-oleh yang berjajar disepanjang jalan sekitaran prapto dan anggut. Oke sekian mimin pamit undur siri dulu ya Viewers, see and bye-bye.

Baca Juga
Tinggalkan komen