Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

TikTok Rilis Fitur Screen Time Limit, Pengguna 18 Tahun ke Bawah Dibatasi

TikTok telah merilis fitur terbaru yang dapat mengatus batas waktu penggunaannya atau disebut Screen Time Limit bagi pemilik akun remaja di bawah 18 tahun.

Fitur ini kabarnya akan mulai berfungsi secara otomatis pada pengguna akun di bawah 18 tahun dalam beberapa minggu ke depan. Sehingga pengguna hanya disarankan untuk scrolling TikTok selama sejam setiap harinya.

Tujuan dari kebijakan screen time limit menjadi sejam perharinya, dimaksudkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan digital (digital well-being) pengguna remaja.

Sehingga hal tersebut membangun kesadaran bagi remaja, bahwa harus memperhatikan keseimbangan antara waktu yang dihabiskan di layar ponsel dan di kehidupan nyata.

Adanya fitur tersebut dipilih berdasarkan hasil konsultasi dengan penelitian akademik dan pakar dari Digital Wellness Lab di Rumah Sakit Anak Boston.

Walaupun demikian pengguna TikTok remaja dapat menonakifkan fitur tersebut, dengan cara menyetelnya di menu β€˜Settings and privacy”.

Bagi pengguna remaja di bawah 13 tahun, akan ada batas waktu layar harian selama 60 menit. Nantinya jika waktu sudah tercapai, orangtua atau wali harus menyetel atau memasukkan kode sandi yang ada untuk mengaktifkan waktu menonton tambahan selama 30 menit.

Baca Juga
Tinggalkan komen