Logo

Tiga Kecamatan di Seluma Rawan Rabies

SELUMA, bengkulunews.co.id – Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Seluma, Nelson SP, menyatakan ada tiga kecamatan yang paling rawan penyebaran virus rabies di daerahnya.

“Ketiga kecamatan tersebut adalah Talo, Semidang Alas dan Semidang Alas Maras, dan dominan pada anjing liar sedangkan kucing dan kera sedikit,” kata Nelson, Selasa (2/5/2017).

Tercatat pada Januari 2016 terindikasi sebanyak 16 ekor anjing yang diduga mengidap virus rabies dan hingga April sudah 30 ekor terindikasi.

Guna mencegah penyebaran virus tersebut, Dispertan Seluma berencana akan melaksanakan eliminasi anjing liar itu pada Oktober mendatang dengan target 500 ekor. Tetapi sebelumnya pada Juni atau setelah lebaran akan dilakukan sosialisasi pada masyarakat.

Nelson menambahkan, sekarang tersedia 12 ribu dosis vaksin obat rabies, yang berasal dari bantuan APBN/APBD provinsi dan 1000 dosis daintaranya berasal dari APBD kabupaten. Vaksin tersebut fungsinya hanya sebagai antibodi saja dan bisa bertahan hingga satu tahun.

Masyarakat juga bisa melaporkan secara langsung jika menemukan anjing yang terkena rabies, dengan ditandai gejala pada anjing tersebut yaitu, tidak mengenali tuannya lagi, takut air dan sinar matahari serta suka menggigit apa saja disekitarnya.

“Tugas kami hanya pada anjingnya saja, sedangkan Dinas Kesehatan menangani langsung pada manusia korban gigitan hewan tersebut,” kata Nelson.