Logo

Tembus 4.3 Juta, AHM Pertahankan Penjualan dengan Produk Baru

AHM berharap, pebjualan tahun 2018 lebih dapat lebih baik lagi

AHM berharap, pebjualan tahun 2018 lebih dapat lebih baik lagi

AHM berharap, penjualan tahun 2018 dapat lebih baik lagi

JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil melewati tahun 2017 yang memiliki beragam tantangan dengan mencatatkan penjualan yang positif. Beragam produk baru yang dirilis sepanjang tahun lalu berhasil mengantarkan perusahaan mencatat pertumbuhan di tengah permintaan pasar yang melemah dengan angka penjualan sebanyak 4.385.888 unit.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) 2017, pasar sepeda motor nasional terkoreksi sebesar 0,8%, dengan total penjualan 5.886.102 unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang terjual 5.931.285 unit. Di tengah penurunan pasar sepeda motor nasional ini, penjualan sepeda motor Honda mampu tumbuh sebanyak 5.000 unit menjadi 4.385.888 unit, jika dibandingkan dengan data penjualan tahun 2016 sebanyak 4.380.888 unit.

Sebanyak 28 model baru dan penyegaran produk diperkenalkan oleh AHM untuk pertama kali di Tanah Air sepanjang 2017 seperti, Honda CRF series, Honda CMX 500 Rebel, Honda SH150i, Honda Scoopy, serta tampilan baru dari model-model terlaris seperti Honda BeAT Street, Honda Vario eSP, dan model-model motor Honda lainnya. Pilihan model terbaru ini menjadi primadona yang menggairahkan penjualan sepeda motor Honda dengan kontribusi penjualan sebesar 43% terhadap total penjualan Honda terhitung sejak Januari hingga Desember 2017 lalu atau terjual sebanyak 1.918.584 unit.

Ditopang penyegaran desain dan fitur baru pada skutik Honda, jajaran motor Honda di segmen skutik terus menjadi motor-motor terlaris Honda dengan catatan penjualan 3.781.777 unit. Pencapaian penjualan positif ini diikuti oleh motor Honda di segmen bebek yang mampu terjual 351.059 unit dan di segmen sport yang memberikan kontribusi penjualan 253.052 unit sepanjang tahun 2017 lalu.

Deputy General Manager Sales Division AHM, Didi Kwok mengatakan, pasar sepeda motor yang belum membaik pada tahun lalu tidak membuat AHM berhenti berinovasi dalam menyuguhkan pilihan-pilihan terbaru di setiap segmen. Hal ini diterjemahkan melalui 28 produk baru dan penyegaran produk yang diluncurkan sepanjang 2017.

“AHM memiliki komitmen kuat untuk senantiasa menemani aktivitas maupun gaya hidup pecinta motor dengan pilihan sepeda motor yang paling sesuai dengan karakter setiap konsumen. Kami melengkapi pilihan produk ini dengan layanan terbaik sehingga konsumen percaya dan memilih Honda sebagai teman berkendara. Terima kasih atas kepercayaannya. Kami berharap kepercayaan konsumen ini akan terus berlanjut di tahun ini,” ujar Didi Kwok.

Sepanjang 2017, Honda BeAT series terus mengukuhkan posisinya sebagai motor terlaris di Tanah Air melalui penjualannya sebesar 1.959.263 unit. Honda Vario series pun tercatat menjadi salah satu motor favorit dengan penjualan 1.200.287 unit. Honda Scoopy yang diperbaharui dengan tampilan styling baru yang semakin unik dan fashionable, serta dilengkapi penyematan fitur canggih yang semakin laris terjual dengan membukukan pertumbuhan 15,8% dari 528.622 unit pada 2016, menjadi 612.197 unit pada 2017.

Kehadiran motor bebek Honda yang irit serta tangguh di jalanan ini, terus dipilih konsumen dalam beraktivitas sehari-hari seperti yang tercermin pada penjualan Honda Revo series sebanyak 152.479 unit dan Honda Supra Series sebanyak 150.968 unit. Sementara itu, ketangguhan dan performa tinggi motor-motor sport Honda tak kalah menariknya bagi pecinta motor sport Tanah Air.

Honda CB150R StreetFire yang diberi tampilan baru pada Agustus tahun lalu tercatat mampu memikat dengan angka penjualan 107.991 unit. Motor berperforma tinggi Honda CBR series pun berhasil membukukan penjualan sebesar 79.603 unit, diikuti motor Honda Verza yang terjual sebesar 53.278 unit. Jajaran big bike Honda tercatat terjual 512 unit dengan kontribusi terbesar motor big bike Honda CMX500 Rebel yang baru diluncurkan Maret 2017 dengan angka penjualan 328 unit.