Logo
Dempo Xler

Siap-siap, Sejuta PNS Bakal ‘Dipangkas’

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi Saat Mengunjungi BPPT Kota Bengkulu Didampingi Gubernur Ridwan Mukti, Kamis 21 April 2016

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi Saat Mengunjungi BPPT Kota Bengkulu Didampingi Gubernur Ridwan Mukti, Kamis 21 April 2016

bengkulunews.co.id – Wacana rasionalisasi terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengurangi jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal dilakukan mulai tahun depan (2017). Tak tanggung-tanggung, jumlah PNS yang akan dirumahkan bisa capai satu juta.

“Targetnya jumlah pegawai akan berkurang sebanyak satu juta hingga tahun 2019,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi saat di Bengkulu, Kamis (21/4).

Namun, Menteri Yuddy memastikan tak akan sembarangan dalam memberhentikan PNS. Audit dan evaluasi berdasarkan 4 kuadran yakni, pertama produktif dan kompeten bakal dipertahankan, kemudian produktif namun tidak kompeten dan berikutnya tidak produktif namun kompeten bisa dipertimbangkan, serta yang terakhir tidak produktif dan tidak kompeten adalah yang bakal dipangkas,

“Ini akan menjadi target utama rasionalisasi. Misal PNS tidak pernah hadir juga tak pernah laksanakan tugas,” terang menteri yang pernah merilis kinerja akuntabilitas kementerian dan lembaga-lembaga negara di awal tahun 2016 ini.

Pemangkasan jumlah PNS itu ia terangkan, sangat berhubungan dengan rencana perampingan untuk menghemat anggaran belanja dari negara juga anggaran belanja dari setiap-setiap daerah. Pasalnya hampir 40 persen porsi APBN habis untuk belanja pegawai dan kebutuhan-kebutuhan pegawai, di beberapa daerah APBD ada yang mencapai 50 hingga 70 persen untuk belanja pegawai. Artinya hanya sebagian kecil untuk belanja modal.

Lebih lanjut Menteri Yuddy memaparkan, Saat ini jumlah PNS sekitar 4.5 juta orang, sedangkan jumlah ideal menurut Kementerian PAN-RB sekitar 3.5 juta pegawai atau 1,5 persen dari total penduduk. (122)