Logo

Setiap Tahun Sekolah Ini Banjir, Pemerintah ‘Diam’

Foto : Alwin/bengkulunews.co.id

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Hampir setiap tahun Sekolah Dasar Negeri 89, jalan Korpri Kelurahan Bentiring kecamatan Muara Bangkahulu terendam banjir akibat diguyur hujan lebat. Pemerintah seolah tak memiliki solusi atas permasalahan yang kerap menghambat aktivitas belajar murid ini.

Dikatakan Kepala Sekolah SDN 89, Yarman, bahwa sekretaris daerah Kota Bengkulu, Marjon, pernah mengungkapkan akan membangun tanggul penahan air. Namun, kata Yarman, hal tersebut terkendala pada pendanaan. Karena biaya yang dibutuhkan cukup besar.

“Sekda pernah bilang tahun lalu, satu-satunya solusi yakni membuat tanggul penahan air dari luapan sungai Bengkulu, tapi sampai sekarang belum terealisasi, katanya biayanya tinggi,” pungkas Yarman pada bengkulunews.co.id, Kamis (21/9/2017).

Dampak dari banjir tersebut aktivitas belajar mengajar di sekolah menjadi terhambat, lantaran banyak perlatan yang ikut tergenang.

“Seperti yang terlihat sekarang, hujan dari kemaren. Besok mungkin, kalaupun sudah kering, ativitas belajar juga kita hentikan karena mau kebersihan dulu,” keluhnya.

Meskipun begitu, ia tetap berharap pada pemerintah Kota Bengkulu, untuk mencarikan alternatif dalam mengatasi permasalahan banjir di sekolahnya. Bahkan, Yarman mengusulkan pada pemerintah, untuk melakukan penimbunan, agar permukaan tanah di SDN 89 lebih tinggi dari permukaan air.

“Kalau dihitung-hitung untuk penimbunan biayanya tidak mahal,” ucapnya.