Bengkulu News #KitoNian

Sembilan Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Kurma (Phoenix dactylifera) merupakan buah yang biasa dikonsumsi saat bulan puasa. Kurma (Phoenix dactylifera) merupakan tanaman buah tertua yang ditanam di daerah kering.

Kandungan dalam buah kurma dapat mengembalikan energi dan mengganti elektrolit yang hilang selama berpuasa. Buah kurma mengandung potassium atau kalium. Manfaat potassium atau kalium adalah untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas. Buah kurma juga merupakan sumber energi instan karena terdapat gula yang tinggi berupa fruktosa dan glukosa.

Memakan makanan manis saat berbuka adalah suatu hal yang sangat di anjurkan. Untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa.

Lalu apa saja khasiat yang lain dari buah kurma ini?

Dilansir melalui Kemenkes.go.id berikut ulasannya :

1.   Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Sebagian besar kalori kurma dari karbohidrat dan sisanya dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2.   Melancarkan Sistem Pencernaan

Dengan kandungan serat di dalam kurma, Anda dapat memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur.

3.   Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat konsumsi kurma setiap hari yakni dapat terhindar dari beberapa penyakit kronis. Dikarenakan karena antioksidan dari kurma.

4.      Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Dengan rasa yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Tidak hanya memaniskan, kurma kaya nutrisi, serat dan antioksidan.

Meski masih membutuhkan penelitian, buah kurma dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah.

5.   Jadi Menu Tambahan dalam Diet

Kurma dapat dimakan langsung maupun dikombinasikan dengan makanan sehat lain, seperti kacang almond, keju, oatmeal dan sebagainya. Tetapi karena kalorinya cukup tinggi, sebaiknya tidak perlu menambahkan terlalu banyak pada makanan / minuman.

6.   Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Dengan kadar potassium yang tinggi yakni salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

7.   Melindungi Tubuh dari Peradangan

Agar tubuh terlindungi dari radang, dibutuhkan asupan antioksidan yang cukup, yakni dari polifenol. Buah kurma kaya akan polifenol dibandingkan buah lain.

8.   Meningkatkan Kesuburan

Kurma memiliki kandungan asam amino dan seng. Buah kurma dapat meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

9.   Mencegah Anemia

Manfaat kurma yang terakhir adalah buah kurma dapat membuat Anda tidak mudah lelah dan pucat karena anemia. Dengan makan kurma tiap hari, kandungan zat besinya akan meningkatkan produksi sel darah merah.

Baca Juga
Tinggalkan komen