Bengkulu #KitoNian

Sekolah Minta Siswa Gunakan Pakaian Adat Nusantara di Hari Pendidikan Nasional

BENGKULU – Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Beberapa sekolah di Bengkulu, meminta siswanya untuk menggunakan pakaian adat Nusantara.

Waka Kurikulum SMA N 1 Bengkulu, Laina Tusifah mengatakan bahwa sekolah meminta siswa siswi untuk mengenakan pakaian adat nusantara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan tema ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’.

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman terhadap siswa, mengenai berbagai adat yang ada di Nusantara sekaligus melestarikannya.

“Sesuai dengan tema dari nasional, memang ada edaran dari Kementiran Pendidikan dan Budaya untuk pelaksanaan  peringatan hari pendidikan nasional dengan memakai pakaian adat. Tujuannya untuk melestarikan  adat nusantara, juga merupakan kesempatan bagi kita memakai pakaian adat. Jadi siswa diberikan ke bebasan ingin memakai pakaian adat mana saja, yang penting pantas dan sopan,” katra Lena pada Bengkulunews.co.id Selasa (02/05/23) siang.

Sekolah juga melakukan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, kemudian mengadakan lomba seperti Fashion show dan Membaca Puisi.  Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat memperkenalkan siswa siswi berbagai budaya yang ada di Indonesia.

Salah satu siswa SMA N 1 Bengkulu, Renggi Putra Agani menuturkan rasa senang karena dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Ia beserta rekannya Tria Siti Wijayani berharap lewat kegiatan tersebut, seluruh siswa siswi SMAN 1 Bengkulu, dapat termotivasi dan mengembangkan potensi di dalam dirinya.

“Dengan adanya kegiatan ini, orang-orang bisa termotivasi dan lebih mengetahui apa saja baju adat yang ada di Indonesia, serta dapat mengembangkan baju tersebut,” demikian Renggi.

Baca Juga
Tinggalkan komen