Sejarah Hari No Bra Sedunia yang Diperingati Setiap 13 Oktober

Penulis : Cindy

Ilustrasi

Peringatan No Bra atau Hari Tanpa Bra berawal dari Dr Mitchell Brown yang membuat hari Bra (Breast Reconstruction Awareness) untuk menyadarkan pasien betapa pentingnya operasi dan rekontruksi payudara pada tahun 2011.

Selain itu perayaan ini bertujuan untuk menyadarkan setiap orang baik Wanita dan laki-laki betapa berbahayanya kanker payudara.

Dr Mitchell Brown awalnya mengadakan Hari Bra untuk meningkatkan kesadaran bagi Wanita yang menjalani mastektomi serta mendorong agar melakukan pemeriksaan diri pada 19 oktober 2011.

Sedangkan seorang Wanita bernama samara Anastasia Donuts Menyusun hari tanpa bra nasional untuk meningkatkan kesadaran yang sama terhadap kanker payudara, bersamaan dengan situs web untuk membantu mempromosikan acara tersebut pada 9 Juli 2011.

Tiga tahun setelahnya hari tersebut digabungkan dan diubah menjadi tanggal 13 Oktober, sebagai peringatan Bulan Peduli Kanker Payudara Nasional.

Namun perlu diketetahui pernah ada peluncuran Pekan Kesadaran Kanker Payudara, acara tersebut berjalan selama seminggu untuk menyebarkan kesadaran kanker payudara di Amerika Serikat pada tahun 1985.

Setelahnya mulai ada pita merah muda yang menjadi simbol kesadaran kanker payudara pada tahun 1991. Yayasan kanker payudara Susan G Komen pada saat itu membagikan pita merah muda, kepada penyintas kanker yang berlari dalam acara Race For The Cure.

Adapun dalam memperingati Non Bra atau Hari Tanpa Bra dapat Anda dapat berpartisipasi dengan cara berikut :

1. Periksa Payudara Sendiri

Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Bra Anda dapat memeriksa sendiri Kesehatan payudara, dengan cara memijat payudara sembari merasakan apakah ada benjolan atau ketidak teraturan (seperti cairan, lesung pipit, kerutan) pada payudara. Jika hal tersebut ditemukan, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan.

2. Membeli Bra Baru

Anda dapat memperingati hari ini untuk memanjakan diri, dengan membuang bra lama yang suda using dan diganti dengan bra baru. Selain itu pemakain bra maksimal enam bulan, harus diganti baru.

Itu dia sejarah dan beberapa cara merayakan Hari Tanpa Bra, jangan lupa jaga kebersihan dan Kesehatan payudara Anda.

Baca Juga
Tinggalkan komen