Logo

Sawit Berpotensi Dikembangkan di Lebong

LEBONG, bengkulunews.co.id – Potensi Kabupaten Lebong untuk dapat dikembangkan guna mencapai kemakmuran masyarakat ternyata masih sangat besar. Kawasan Kabupaten Lebong terutama daerah Pasir Lebar, Desa Bungin Kecamatan Bingin Kuning, sangat cocok untuk dijadikan areal perkebunan kelapa sawit.

Menurut Suman, warga Desa Bungin, areal Pasir Lebar, selain dapat digunakan sebagai areal persawahan dan objek wisata, ternyata dapat pula digunakan sebagai areal perkebunan kelapa sawit.

“Kawasan areal Pasir Lebar ini sangat cocok untuk dikembangkan menjadi areal perkebunan kelapa sawit, karena mengandung cukup banyak air yang melimpah. Kelapa sawit memang hidupnya butuh banyak air. Jadi kawasan ini sangat cocok jika seandainya dimanfaatkan menjadi areal perkebunan kelapa sawit. Kami ada melihat salah satu teman yang mencoba menanam di salah satu sudut Pasir Lebar ini beberapa tahun yang lalu, sekitar 20 batang, ternyata tandan buahnya besar-besar dan bagus,” ujar Suman.

Namun, kata dia, hingga kini pemerintah daerah belum tersentuh untuk mengelola sumber daya alam tersebut, sedangkan masyarakat terkendala dengan tidak bakunya penggunaan lahan. “Hingga saat ini pemerintah daerah belum melirik potensi besar di kawasan ini, selain bisa juga dijadikan objek wisata. Masyarakat sebenarnya sangat ingin mengelolanya, namun kami tidak berani mengolah lahan ini secara sporadis, dikarenakan lahan ini milik pemerintah. Untuk bertani saja, kami hanya memanfaatkan tidak seluruhnya. Karena takutnya sewaktu-waktu pemerintah akan memanfaatkan areal ini untuk suatu kegiatan atau mau membangun,” ujar Suman.

Sebab itu, Suman sangat berharap pemerintah daerah turun dan melihat potensi besar tersebut, untuk menunjang kemakmuran masyarakat. “Karena kalau seandainya kawasan ini diubah menjadi areal perkebunan kelapa sawit ribuan hektar, entah itu nanti dikelola oleh pemerintah daerah maupun perusahaan swasta, kami yakin perekonomian masyarakat Kabupaten Lebong bakal berubah. Mohon kiranya kepada pemerintah daerah untuk melirik potensi besar ini,” harap Suman. (118)