Logo

Satpol PP Perlu Penguatan Internal

LEBONG, bengkulunews.co.id – Sebagai instansi yang dekat dengan kegiatan kedinasan dan personal Bupati Lebong, merupakan tugas berat yang harus diemban oleh Kesatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong.

Belum lagi bentuk pengamanan  lainnya yang juga salah satu tugas dan kewajiban yang sering disebut “polisi” bupati tersebut. Seiring dengan hal itu diperlukan penguatan internal Satpol PP itu sendiri.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kakan Satpol PP Lebong, Rahmadhani SSos kepada wartawan Bengkulu News di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

“Tugas sebagai “polisinya” bupati, jelas tugas yang kami emban sangatlah mulia, disamping sebagai garda terdepan Bupati Lebong, memang diperlukan personil yang siap setiap saat kapan dan dimana pun beliau berdinas. Namun dikarenakan saya masih terbilang baru menjabat sebagai Plt. Kakan Satpol PP Kabupaten Lebong ini, saya nilai masih banyak yang harus dibenahi guna menciptakan personil-personil satpol PP yang tangguh,” ujar Rahmadhani.

Menurut Rahmadhani, salah satu cara untuk menciptakan personil-personil Satpol PP yang tangguh adalah membenahi kinerja anggota Satpol PP itu sendiri. “Salah  satu cara untuk menciptakan personil-personil Satpol PP yang tangguh adalah membenahi kinerja anggota Satpol PP itu sendiri, terutama yang jadi perhatian kita adalah kesiapan para anggota Satpol PP dalam setiap kerja yang diberikan,” ujarnya.

“Saya juga sangat memaklumi bahwa dari sekian puluh anggota Satpol PP yang ada adalah honorer atau TKK jelas kinerjanya banyak yang belum sesuai dengan SOP kerja Satpol PP yang sebenarnya, misalnya saja bagaimana agar sekian banyak perda yang ada itu bisa diterapkan dimasyarakat ataupun SOP pengamanan Bupati maupun tamu kabupaten  yang tepat itu seperti apa baiknya,” tambah Rahmadani.

Intinya, kata dia, pembenahan dan evalusi kinerja sebagai penentu berhasilnya sebuah kegiatan Satpol PP, dengan mengutamakan penguatan internal Satpol PP Kabupaten Lebong yang selama ini dinilai kurang. “Diharapkan, setelah internal ini mapan, Satpol PP bisa dihadapkan dengan beban kerja yang lebih besar lagi,” demikian Rahmadhani. (118)