Logo

Rejang Lebong Sukses Kembangkan Apel Malang

Rejang Lebong – Sejumlah petani di Desa Empat Suka Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sukses mengambangkan Apel Malang terutama jenis Manalagi dan Anna.

Para petani itu menanam Apel sebanyak 400 batang dilahan seluas 2 hektar, saat ini telah berumur 19 bulan dan telah siap dipanen.

“Apel hasil budidaya tersebut, kualitasnya cukup baik, rasanya manis, tidak ada bedanya dengan Apel dari Batu ataupun Malang,” kata Kabid. Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Ahmad Syafriansyah, Jumat (22/11/19).

Pada awalnya sebanyak lima orang petani dengan swadaya membeli bibit Apel langsung dari Kota Batu, Jawa Timur. Satu bibit dihargai Rp. 100 ribu dengan ketinggian 1,5 meter.

Setelah dikembangkan dan diketahui hasilnya, antusias para petani cukup tinggi, bahkan mereka rela mengganti tanaman Kopi dengan Apel.

Kepala Balijestro Kementerian Pertanian Herwanto dan Kepala Balitbang Teknologi Pertanian Provinsi Bengkulu, Yudi Sastro, telah mengunjungi lokasi tersebut dan mereka menilai lokasi itu sesuai untuk pembudidayaan Apel Malang, dilihat dari kondisi tanah dan cuaca.

Pemerintah sendiri saat ini tengah mencari lahan pengembangan Buah Apel, mengingat di Kota Batu dan Malang sudah tidak ideal lagi, karena perubahan cuaca dan desakan properti penduduk yang tidak terkendali.

Tahun ini Dinas Pertanian Rejang Lebong akan mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah untuk rencana pengembangan Buah Apel tersebut, agar direalisasikan pada 2020. Bantuan berupa bibit, penyuluh pertanian dan pelatihan teknis untuk para petani.

“Dipastikan dengan pembudidayaan Apel Malang dapat menambah komuditas unggulan daerah selain Kopi dan Jeruk Gerga. Bisa memmberikan nilai tambah bagi petani, dan secara tidak langsung menambah pendapatan daerah,” tutup Ahmad.

Penulis : Dedi Rasyid